PILKAOS Daring SMK Negeri H Moenadi 2021

Pemilihan Ketua Osis (PILKAOS) adalah salah satu program kerja tahunan MPK yang  menandai akan berakhirnya Osis masa bakti 2020/2021 dan mengawali langkah OSIS masa bakti 2021/2022. MPK mengadakan PILKAOS untuk warga SMK Negeri H Moenadi Ungaran dengan tujuan memilih ketua osis dan wakilnya serta menghidupkan nilai demokrasi di sekolah. Pada tahun ini PILKAOS, MPK menyelenggarakan PILKAOS secara daring pada tahun ke-2 di masa pandemi.

SMK Negeri H Moenadi memberikan kesempatan untuk seluruh peserta didik bergabung dan merasakan langsung belajar berorganisasi secara mikro di sekolah, untuk membantu keberlangsungan visi-misi sekolah. Bulan September 2021 bertepatan dengan mendekati masa akhir pengabdian anggota OSIS masa bakti 2020/2021, MPK bersama OSIS menyelenggarakan kegiatan pemilihan Ketua dan Wakil OSIS untuk masa bakti 2021/2022. Meskipun dalam masa pandemi, tidak menyurutkan semangat untuk menyelenggarakan kegiatan PILKAOS secara daring.

Evrila Elyasa sebagai ketua panitia PILKAOS Daring SMK Negeri H Moenadi tahun 2021 menuturkan, “PILKAOS pada tahun ini menjadi PILKAOS tahun ke-2 secara daring atau online, panitia siap untuk mensukseskan kegiatan ini’. Rasa optimisme dan semangat Evrila semakin bertambah, karena seluruh rangkaian kegiatan PILKAOS telah tersusun dengan rapi. Dimulai dari koordinasi pembentukan tim PILKAOS pada bulan akhir Juli 2021, hingga pelaksanaan pada awal September 2021.

AGENDA PELAKSANAAN PILKAOS 2021

Penjaringan bakal calon wakil ketua OSIS dilaksanakan 7-8 Agustus 2021 dengan melibatkan calon wakil dari kelas X, kemudian tanggal 11 Agustus 2021 dilaksanakan seleksi bakal calon ketua OSIS yang diikuti calon ketua OSIS dari kelas XI. Semua kegiatan tersebut disampaikan Evrila secara daring. Mendekati masa PILKAOS pada tanggal 30 Agustus 2021 dilaksanakan publikasi kegiatan pilkaos secara daring, dengan memposting beberapa poster teknis pelaksanaan PILKAOS secara daring.

Tiba pada tanggal 3 September 2021 yaitu pelaksanaan PILKAOS secara daring. Dengan tiga pasangan bakal calon Ketua dan Wakil OSIS masa bakti 2021/2022, kegiatan ini terlaksana full daring atau online. Evrila dan tim telah membentuk beberapa tim sebagai pendamping dalam pelaksanaan kegiatan ini. Pendamping ini bertugas memantau partisipasi hingga memfasilitasi pemilih yaitu seluruh warga SMK Negeri H Moenadi dalam melaksanakan PILKAOS daring ini.

Hasil akhir pelaksanaan PILKAOS daring SMK Negeri H Moenadi tahun 2021 dimenangkan oleh pasangan calon nomor 2 dengan perolehan suara 56,4% dari seluruh warga pengguna suara di SMK Negeri H Moenadi Ungaran. Evrila secara pribadi mengucapkan terima kasih kepada seluruh pasangan calon yang terpilih, serta mengucapkan terima kasih kepada seluruh pasangan calon yang telah berpartisipasi kegiatan PILKAOS daring tahun 2021. Evrila menambahkan, “Kegiatan PILKAOS ini memberikan pengalaman bagi seluruh peserta didik yang terlibat secara langsung dan tidak langsung, untuk belajar berdemokrasi di sekolah.”

Penulis : Fariz Sigit, Guru SMK Negeri H Moenadi Ungaran