Vaksinasi Covid-19 di SMK Negeri 1 Pabelan

Imun kuat, virus sekarat; Ayo kita vaksin!! Begitulah ungkapan yang tepat untuk kita dengungkan. Vaksinasi merupakan proses pemberian vaksin ke dalam tubuh seseorang untuk meningkatkan imunitas atau kekebalan terhadap penyakit tertentu. Vaksin melatih tubuh untuk kenal, lawan, dan kebal terhadap penyebaran penyakit seperti virus dan bakteri. Manfaat vaksin mencegah dan melundingi diri, orang tercinta di sekeliling kita agar terhindar dari paparan Covid-19. Oleh karenanya, SMKN 1 Pabelan melaksanakan kegiatan vaksinasi masal.

Pada hari Sabtu, 18 September 2021 SMK N 1 Pabelan telah melaksanakan kegiatan vaksinasi masal yang diikuti oleh warga sekolah. Kegiatan ini ditargetkan kepada siswa/ siswi dari kelas X sampai kelas XII yang terdiri dari empat program keahlian yang ada di SMK N 1 Pabelan. Selain peserta dari lingkungan internal sekolah, juga dihadiri oleh masyarakat yang berada di sekitar sekolah. Antusiasme terlihat dengan adanya animo masyarakat yang ikut serta memeriahkan kegiatan tersebut.  Diselenggarakannya kegiatan tersebut untuk mendukung program pemerintah dalam percepatan pendistribusian vaksin. Disamping itu, kegiatan yang rencananya dilaksanakan selama dua hari yaitu hari Sabtu, 18 september 2021 dan hari Senin, 20 september 2021, bertujuan untuk meningkatkan herd immunity (kekebalan kelompok) serta sebagai salah satu syarat untuk penyegeraan pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, yang rencananya akan dilaksanakan pada pertengahan bulan September. Kegiatan yang dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan secara ketat itu harapannya dapat meningkatkan imun serta terhindar dari paparan virus yang mematikan tersebut.

Kegiatan vaksinasi dilaksanakan secara bertahap selama dua hari tersebut, bekerja sama dengan Puskesmas Kecamatan Pabelan dan Polsek Pabelan. Dihadiri pula Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementrian Kesehatan yang diwakili oleh drg. Kartini Rustandi, M. Kes. beserta jajarannya. Pihaknya memberikan apresiasi yang sangat luar biasa untuk SMKN 1 Pabelan yang tercinta ini dengan mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya, karena telah melaksanakan kegiatan vaksinasi dan telah membantu pemerintah pusat dalam program percepatan dan penanganan pandemi khususnya di Kecamatan Pabelan. Dengan diadakannya vaksinasi ini harapannya kegiatan Pembelajaran Tatap Muka dapat terlaksana dan kegiatan sekolah dapat berjalan dengan normal seperti sedia kala.

Penulis : Humas SMKN 1 Pabelan
Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd, Guru SMKN 1 Tuntang