SMKN 1 Tengaran Raih Juara 1 Pioneering

Pramuka SMK Negeri 1 Tengaran akhirnya meraih juara 1 dalam Lomba Pioneering Penegak, yang diselenggarakan oleh SAKA WIRA KARTIKA KODIM  0714/SALATIGA, pada 25 September 2021 lalu. Dalam lomba tersebut, tim Pramuka Putri SMKN 1 Tengaran mengalahkan peserta Pramuka Penegak Se-Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang.

Pioneering merupakan suatu kemampuan mendasar dan penting yang harus dimiliki oleh setiap anggota pramuka. Pioneering melatih setiap anggota pramuka menjadi orang yang tekun, ulet dan sabar.

Lomba Pioneering tahun ini mempertandingkan pembuatan gubuk dengan bahan dasar tongkat pramuka dan tali pramuka yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat berfungsi untuk berteduh atau beristirahat dalam perkemahan. Pertandingan seperti ini menuntut kemampuan dasar pioneering dan juga menuntut kreativitas serta penghitungan yang matang, agar bisa menghasilkan gubuk yang kuat dan mampu berfungsi sebaik mungkin. Gubuk sendiri berasal dari Bahasa Jawa yang memiliki makna yaitu sebuah rumah kecil yang biasa digunakan beristirahat di sawah atau ladang pedesaan.

Tidak mudah untuk mengalahkan peserta dari sekolah lain dalam lomba pioneering yang diadakan oleh SAKA WIRA KARTIKA KODIM  0714/SALATIGA.  Tim pramuka SMKN 1 Tengaran dengan penuh semangat melaksanakan latihan menyambut lomba pioneering tersebut. Alhasil, tim Pramuka putri berhasil menyabet juara 1.  “Selaku pembina, saya turut bangga atas prestasi dan kerja keras tim Pramuka SMKN 1 Tengaran. Lomba  pioneering sebenarnya bukan hanya sekadar mengasah keterampilan fisik semata, tetapi juga keterampilan intelektual, emosional dan juga sosial. Dan mereka membuktikan hal itu,” ungkap Siswati, S.T selaku pembina pramuka.

Menurut Salma, salah satu peserta juara lomba pioneering putri, ia seolah tak kuasa menyembunyikan rasa bangga atas kemenangan timnya. “Melalui lomba pioneering, saya belajar makna solidaritas, gotong-royong dan ketekunan,” ungkapnya.

Lomba Pioneering ini sebagai ajang meningkatkan keterampilan dan kemampuan diri anggota pramuka. Harapannya, kelak akan berguna tidak hanya bagi kehidupannya dalam kepramukaan, namun juga dalam kehidupan bermasyarakat.

 

Penulis: Diyah Ayu K., S.Pd., Guru SMKN 1 Tengaran

Editor  : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang