Prestasi Non Akademik SMK Negeri 11 Semarang Dimasa Pandemi

Semarang, 30 September 2021 – LKS atau Lomba Kopetensi Siswa adalah lomba yang berjenjang yang selalu dilaksanakan setiap tahun oleh Dinas Pendidikan Provinsi baik dari tingkat Kota, Provinsi ataupun Nasional dengan berbagai lomba terkait dengan Kompetensi atau Jurusan. Masih dalam masa pandemi tahun 2020 kegiatan LKS tetap eksis diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinis, dengan melaksanakan Perlombaan secara Daring (Online), kegiatan tersebut terlaksanan dengan Protokol Kesehatan yang sangat ketat.

SMK Negeri 11 Semarang berdiri dari tahun 1990 berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor : 0389/0/1990 yang dulunya bernama SMT Grafika Negeri Semarang. Berdasarkan keputusan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kodya Semarang mendapat NNS: 551036304001. Kemudian pada tahun 1997 berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor : 036/0/1997 tentang perubahan nomenklatur SMKTA menjadi SMK, SMT Grafika Negeri Semarang berubah menjadi SMK Negeri 11 Semarang.

Pada saat awal didirikan, Sekolah ini membuka program keahlian Persiapan Grafika dan Produksi Grafika, pada tahun 2004 – 2007 mulai membuka jurusan Multimedia dan Animasi.

Sudah 30 tahun SMK Negeri 11 Semarang menggeluti di bidang kegrafikaan yang hanya ada 4 sekolah negeri se-Indonesia yang tersebar di Semarang, Medan, Jakarta dan Surabaya, tentunya prestasi tersebut tidak perlu diragukan lagi. SMK Negeri 11 Semarang terbukti dari setiap tahunnya meraih prestasi di berbagai bidang lomba.

Siswa SMK Negeri 11 Semarang Kresna Bayu Pamungkas kelas XI Produksi Grafika selalu meraih Prestasi Juara 1 di tingkat Provinsi dan melanjutkan perlombaan di tingkat Nasional di Lomba Kopetensi Siswa Mata Lomba Teknik Media Cetak (Print Media Technology) dan membawa juara 2 tingkat Nasional pada tahun 2020. Di tahun yang sama SMK Negeri 11 Semarang juga menjuwarai Lomba LKS Cloud Computing yang diwakili oleh siswa Jurusan Multimedia, Waya Putra dengan membawa Juara 1 Tingkat Kota Semarang dan di Tingkat Provinsi Meraih Juara 2 LKS Cloud Computing.

Lomba lain yang di laksanakan pada tahun tersebut adalah lomba FLS2N (Gitar Klasik) yang diwakili siswa Jurusan Animasi, Nadja Ruiz Azizah meraih Juara 3 Tingkat Nasional FLS2N. Tidak hanya lomba FLS2N saja, Jurusan termuda di SMK Negeri 11 Semarang ini juga meraih Juara 3 tingkat Nasional dengan Mata Lomba Animasi Film Pendek Dua Dimensi (2D) “ Legenda Baruklingting” dengan tim yang dilaksanakan oleh : Skolastika Rahel Elisa Widiyanti, Ria Ajeng Kartini, Restu Adista Larasati, Regyta Putri Sabillah, Felita Rahmadani, Ilham Tofaros dan Bomantara Krisnawan Nussany kelas XI Animasi tahun 2020.

Pada tahun 2021 SMK Negeri 11 Semarang mengirimkan siswa untuk mengikuti Lomba LKS dengan membawa Juara 1 di Lomba Kopetensi Siswa Mata Lomba Teknik Media Cetak (Print Media Technology) tingkat Provinsi Jawa Tengah, Muhammad Reza Choirurrozi dan Dicky Kurnia Setiawan kelas XI Produksi Grafika dan di tahun itu juga Lomba Teknik Media Cetak (Print Media Technology) Tingkat Nasional tidak di adakan. Kemenangan siswa kami disiarkan secara Virtual oleh Panitia dengan disaksikan oleh semua Peserta Lomba.

Link Video Peserta Lomba :

Lomba LKS Cloud Computer Tingkat Kota Semarang

Teknik Media Cetak (Print Media Technology) Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Teknik Media Cetak (Print Media Technology) Tingkat Nasional

FLS2N (Gitar Klasik) Tingkat Nasional

Lomba Animasi Film Pendek “Legenda Baruklingting” Tingkat Nasional

Penulis : Slamet, S.Pd. dan Alvian Vilen Pandhega, S.Pd.