Pramuka SMAN 1 Tengaran menciptakan Karya Inovatif Teknologi Tepat Guna

Pada awal bulan Oktober 2021, Pramuka SMAN 1 Tengaran mencipta karya inovasi dalam bentuk teknologi tepat guna. Karya teknologi tepat guna yang diciptakan berupa alat penumbuk serba guna.

Penciptaan alat penumbuk serba guna diilhami dengan upaya masyarakat dalam menjaga imun di saat pandemi Covid-19. Banyak upaya yang dilakukan masyarakat dalam menjaga imunitas tubuh, salah satunya dengan mengonsumsi minuman herbal yang sering disebut dengan jamu.

Membuat jamu termasuk mudah-mudah sulit. Mudah bagi yang sudah paham dan terbiasa, tetapi sulit bagi yang belum terbiasa dengan cara pembuatannya, lebih-lebih menggunakan cara manual yaitu ditumbuk dengan menggunakan alu dan lumpang yang digerakan dengan tangan.

Terinspirasi dengan meningkatnya konsumsi jamu dan mulai bermunculan produsen jamu, maka Pramuka SMAN 1 Tengaran menciptakan alat penumbuk serba guna untuk mempermudah dalam pembuatan jamu.

Alat penumbuk serba guna diciptakan oleh tim yang terdiri dari tiga peserta festival dari Dewan Ambalan dan dua Pembina Pramuka Gugusdepan SMAN 1 Tengaran. Karya inovatif ini dicipta dalam rangka mengikuti kegiatan Festival Keterampilan Pramuka Inovatif Kwartir Daerah Jawa Tengah yang ditutup pada hari Kamis, 21 Oktober 2021.

Alat penumbuk serba guna ciptaan Pramuka SMAN 1 Tengaran pada dasarnya masih bertumpu pada prinsip alat tumbuk alu dan lumpang. Adapun inovasi yang dilakukan terletak pada alat pengerak dan sistem kerja pararel dari alu.

Karya cipta inovasi yang berupa alat penumbuk serba guna menggunakan daya penggerak otomatis yang menggunakan dinamo. Dengan memakai dinamo, alu yang awalnya digerakkan dengan tangan beralih menjadi bergerak secara otomatis ketika dinamo dihidupkan. Untuk dapat menggerakkan alu-alu yang dipasang, dinamo dirangkai menggunakan puli, karet, dan as.

Teknologi tepat guna yang dicipta menggunakan alu berjumlah tiga buah yang bergerak secara pararel mengikuti perputaran yang dihasilkan oleh dinamo. Setelah diuji coba, alu dapat bergerak dan menghasilkan tumbukan yang lembut dalam waktu relatif singkat.

Dengan diciptakannya alat penumbuk serba guna ini, Pramuka SMAN 1 Tengaran berharap karya inovasi yang dicipta dapat menjadi solusi untuk mengefesienkan waktu dan tenaga bagi home industry yang sistem kerjanya menggunakan sistem kerja menumbuk.

Penulis : Diarti, S.Sn. (Guru Seni Budaya dan Pembina Pramuka SMAN 1 Tengaran)