17 November 2021 bertempat di Kantor Panasonic Service Centre Cabang Semarang Jl. Brigjen Katamso (Majapahit) No 40 Semarang 50242, sebanyak 6 guru SMKN 4 Semarang dari kompetensi keahlian Teknik Elektronika Industri, Sunarko S.Pd dan Bahar Ismurdani S.Pd, dari kompetensi keahlian Teknik Audio Video, Safrudin S,Pd dan Solichudin,S.Pd, dari Kompetensi keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Suhartono,S.Pd dan Irawan Hartanto,S.Pd,  menjalani Pelatihan  Room Air Conditioneer RAC Instalation  edisi 1.

Program Pelatihan Guru tersebut merupakan follow up dari MoU yang telah dilakukan SMKN 4 Semarang dengan PT Panasonic. Program ini juga sebagai upaya mewujudkan kelas wirausaha SMKN 4 Semarang yang telah diprogramkan oleh Kepala SMKN 4 Semarang Drs.Bambang Sujatmiko,M.Si.

Adapun materi pelatihan yang ditrainingkan antara lain Dasar system pendingin dan pengenalan R32, Langkah dan Prosedur Instalasi AC, Langkah dan Prosedur Perawatan AC, langkah dan prosedur Perbaikan AC. Memaparkan secara mendalam tentang AC, Prinsip Kerja AC, Prinsip Perpindahan Pans pada AC,Pengenalan Gas R32,Karakteristik Refrigran, Regulasi pemerintah terkait produk aman  dan ramah lingkungan sampai dengan materi instalasi AC Split serta pemasangan Outdoor dan Indoor AC.

Diharapkan melalui pelatihan ini guru-guru SMKN 4 Semarang dilatih agar kompeten dan mempinyai bekaal ilmu pengetahuan,ketrampilan ataupun sikap kerja berbasis industry sehingga mampu menciptakan wirausahawan muda sebagai outcomes lulusan SMKN 4 Semarng “Ukir Prestasi Tiada Henti”.

Baca juga di :

https://www.smk4smg.sch.id
https://www.pdkjateng.go.id/p/berita

Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubbin SMKN4 Semarang)
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom