Bekali Siswa SMKN 4 Semarang dengan “ Belajar Sistem  Kendali Mobil  Listrik, Siapa takut?”

Selasa 16 November 2021 bertempat di Ruang kelas Elektronika Dasar pukul 08.00 sd 12.00 WIB dengan penjadwalan siswa terbagi menjadi 2 sesi, pada kompetensi keahlian  Teknik Elektronika Industri SMKN 4 Semarang mengadakan program guru tamu dengan nara sumber Ariesta Adhitama Suryanegara ,ST dari CV Ariesta Adhitama Engineering Semarang.

Materi yang disajikan dalam program guru tamu ini adalah Pengendalian system kendali mobil listrik. Intisari dari materi ini yaitu pengoperasian Variable Speed Drive/CSD secara manual; Pengoperasian Variable Speed Drive VSD secara otomatis; Percepatan motor listrik asynchronous/ deceleration; system koneksi 3 wire pada Variable Speed Drive (VSD); pengereman motor listrik/breaking power motor, materi-materi tersebut adalah materi dasar dalam system kendali mobil listrik.

Sunarko,S.Pd selaku Ketua Program Keahlian Teknik elektronika Industri menyatakan bahwa Variable Speed Drive (VSD), merupakan pengontrol gerak (drive) yang bekerja mengubah kecepatan motor dengan memvariasikan nilai tegangan suplai, baik drive tipe tegangan AC ataupun DC. VSD terdapat pilihan AC drive dan DC drive.

Kebutuhan akan kendaraan berbasis elektrik yang mampu menggantikan secara penuh peran kendaraan berbahan bakar fosil sebagai alat transportasi menuntut kita menemukan alternative energy pengganti bahan bakar tersebut dengan penggunaan energy minimum namun tetap handal.

Dengan materi ini diharapkan siswa mendapatkan pengalaman belajar yang tentunya sangat berguna bagi kehidupannya dimasa yang akan datang, dengan mengembangkan passion nya di bidang elektronika diharapkan mampu menciptakan teknisi dan penemu teknologi terbaru di bidang elektronika. Mereka dapat focus dalam mengembangkan bakat mereka memilih kompetensi keahlian teknik elektronika industry, dengan kritis dan selalu mensikapi teknologi dengan bijak.

Memotivasi siswa dengan bekal ilmu pengetahuan dan ketrampilan di era milenial mendorong siswa untuk mandiri dan berpikur kritis akan permasalahan yang ada di sekeliling mereka dan kemungkinan perkembangan teknologi elektronika dimasa yang akan datang. Lahirnya kaum cerdas, terampil,mempunyai life skill adalah merupakan bekal mereka setelah lulus SMK, sehingga mereka dapat menjalani kehidupan di masa mereka dengan kesiapan ilmu dan teknologi serta kecakapan hidup baik softskill maupun hardskill.   

Baca juga di :

https://www.smk4smg.sch.id
https://www.pdkjateng.go.id/p/berita

Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubbin SMKN4 Semarang)
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom