SMK Mataram Gandeng IHGM Buka Kelas Industri

Menindaklanjuti Program Center of Excellent (CoE) guna membekali peserta didik agar siap bekerja sesuai dengan tuntutan dunia industri, SMK Mataram  Semarang  membuka Kelas Industri. Salah satu program CoE adalah keterserapan lulusan kedunia usaha, dunia kerja, dunia industri dengan membentuk lulusan yang punya Soft Skill dan adaptasi dengan dunia kerja. Dalam pelaksanaannya SMK Mataram Semarang sebagai salah satu Sekolah Center of Excellent sector Hospitality menggandeng Asosisasi Manager Hotel yang tergabung dalam Indonesian Hotel General Manager (IHGM) yang bergerak di bidang Perhotelan dan Tata Boga.

Kepala SMK Mataram, Sri Sugianto  menjelaskan pihaknya membuka dua kelas industri yang bekerjasama dengan IHGM yaitu satu kelas industri perhotelan dan satu kelas industri tata boga atau kuliner. Pembatasan jumlah rombel ini karena untuk bisa masuk ke kelas ini melalui proses seleksi. Salah satu seleksinya adalah ada kemauan dari siswa untuk bekerja setelah lulus. Selain itu ada jaminan bisa langsung kerja selama mampu melalui tahapan sampai lulus dan kompetensinya memenuhi.

Dikatakannya, pembelajaran guru tamu dari IHGM berlangsung dari  27 September s.d 27 Oktober 2021 di bagi dalam 2 rombel yakni Tata Boga selama 10 Hari dengan 2 Kompetensi (FBP & FBS) dan Perhotelan selama 10 hari dengan 3 kompetensi (FBS,FO,HK). Kemudian dilanjutkan observasi di Hotel selama satu bulan, 1-30 November 2021. Pelaksanaan kelas industri  tetap  dengan memakai Protokol Kesehatan dengan Vaksinasi 1 dan 2, Penerjunan Observasi dilaksanakan Tes PCR semua siswa negatif dan bisa di terjunkan sesuai jadwal.

Beberapa hotel yang bekerjasama dalam kelas industri antara lain Hotel Fovere, Hotel Amaris,Kala Hotel, Trizz Hotel, Grasia Hotel, Hotel Candi Indah,Hotel Grandhika, Hotel Noormans, City One Express, Whizz Hotel,Arruman Hotel, Azzana Hotel, Bliss Hotel, Nozz Hotel, All Stay Hotel dan U- Stay Hotel.

SMK Mataram Semarang, telah menyiapkan para alumninya, dengan 3 Program unggulan:

1) Program Magang ke Jepang, utk keahlian Otomotif, Boga dan Perhotelan. Dengan PT. Kizuna Mitra Indonesia dan PT. YUTAKA Mitra Global.

2) Program 3 in 1, yaitu Pelatihan, Kerja dan Kuliah bekerjasama dengan Stiepari Semarang.

3) Progam Wirausahawan muda. Dengan merekrut para alumni untuk membangun usaha.