Belajar SPT Tahunan Bersama Guru Tamu Dari DJP Kanwil Jawa Tengah 1

Semarang (22/11). Belajar SPT Tahunan merupakan salah satu program kerja kompetensi keahlian Akuntansi Keuangan dan Lembaga SMK Bina Nusantara Semarang, yang memiliki tujuan meningkatkan kemampuan siswa-siswi dalam materi perpajakan khususnya dalam pengisian Form SPT Tahunan. Menurut Ibu Dewi Sinta selaku Ketua Jurusan Akuntansi Keuangan dan Lembaga SMK Bina Nusantara Semarang, “Pentingnya siswa dalam mempelajari materi terkait perpajakan salah satunya adalah sebagai wadah mereka untuk menjadi calon-calon wajib pajak yang taat pajak ketika mereka sudah menjadi wajib pajak nantinya”.

Selain itu, acara tersebut juga menjadi salah satu pengubah pandangan siswa yang semula masih belum bisa mengisi form SPT Tahunan atau menganggap bahwa mengisi form SPT adalah yang hal sulit menjadi mudah karena mereka telah belajar bersama dengan narasumber ahli. Pentingnya pajak bagi negara, mengingat pajak adalah sumber pendapatan terbesar bagi Negara Indonesia. Siswa-siswi menjadi lebih paham bahwa pajak adalah sumber pemasukan yang besar, sehingga dengan taat membayar pajak, pertumbuhan dan pembangunan ekonomi Indonesia dapat tercapai. Negara Indonesia tidak lagi menjadi negara tertinggal dalam penuntasan kemiskinan apabila para wajib pajak menjadi taat pajak.

Seperti yang disampaikan oleh Ibu Rizky Khaerosinta selaku pemateri dari DJP Kanwil Jawa Tengah 1 “negara akan maju apabila masyarakatnya taat pajak, terutama untuk generasi saat ini yaitu para kaum milennial yang sudah paham teknologi”. Dengan demikian, acara ini sangat penting dilaksanakan secara rutin, agar siswa-siswi Akuntansi Keuangan dan Lembaga menjadi lebih paham tentang pajak, meningkatkan kemampuan dalam mengisi form SPT Tahunan dan menjadi orang yang taat pajak, mengingat pajak adalah kewajiban bagi seluruh warga Negara Indonesia. Taat pajak artinya mendukung Indonesia untuk maju, menjadi negara yang Gemah Ripah Loh Jinawi.

Penulis: team media SMK Bina Nusantara Semarang