Kunjungan Kantor Staf Presiden, Direktorat SMK dan Mitrasdudi ke SMK Mataram Semarang

Kantor Staf Presiden (KSP) bersama Kementrian Pendididkan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi memprakarsai pembentukan ekosistem industri garmen di Semarang, Jawa Tengah, untuk meningkatkan kesesuaian Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK) dengan kebutuhan dunia industri. Untuk terwujudnya program tersebut, maka dilakukan kunjungan kerja ke beberapa SMK di wilayah Semarang. Ada 10 SMK yang terpilih dari kabupaten Semarang dan kota Semarang.

SMK Mataram Semarang merupakan salah satu SMK di Kota Semarang yang dikunjungi oleh  Kantor staf Presiden, Direktorat SMK  dan Mitrasdudi.  Pada hari Jumat tanggal 19 November 2021, tepatnya jam 09.00 pagi rombongan tiba di halaman SMK Mataram. Rombongan yang berjumlah lebih dari 20 orang terdiri dari KSP sebanyak lima orang, dari Direktorat SMK dan Mitrasdudi SMK serta Kemendikbud Ristek sejumlah sembilan orang. Pada acara tersebut Bapak Agung Harjono selaku kedeputian KSP memberikan sambutan yang sangat antusias akan terwujudnya program KSP sebagai  pemerkasa terbentuknya ekosistem industri garmen di Semarang dengan melibatkan SMK baik ditingkat Kabupaten maupun Kota Semarang. Sambutan berikutnya  oleh Direktorat SMK yang diwakilkan oleh Bapak Eru Achmad Sutaman, S.Kom., M.M.

Pada acara tersebut dihadiri juga oleh Tim Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah dan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I, serta pengawas Pembina SMK Mataram. Turut hadir pula dari Industri dan Dunia Kerja (IDUKA) yaitu dari bidang bridal & salon, Miss Ayu Bridal & Salon sementara dari tailor, Pretty Boy Tailors. Sejauh ini kedua IDUKA tersebut telah mendukung untuk memberikan kesempatan siswa SMK Mataram melakukan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) dan Guru Tamu.

Para Rombongan disambut dengan baik oleh Bapak Sri Sugianto, S,Pd, M.Si, M.Kom selaku Kepala SMK Mataram Semarang, tak ketinggalan pula Bapak dan Ibu Guru ikut terlibat. Sebelumnya rombongan diajak untuk beramah tamah di gedung COE (Center Of Excellence ) sambil menikmati hidangan yang disajikan oleh peserta didik dari jurusan Boga. Selanjutnya rombongan diajak untuk mengunjungi bengkel Busana dimana rombongan melihat aktivitas siswa yang sedang praktikum menjahit, selain itu rombongan juga disungguhkan  fashion show dari hasil karya jurusan Busana serta display beberapa baju dan gaun serta pernak pernik lainnya hasil jahitan siswa.

Dengan dilakukannya kunjungan oleh Kantor staf Presiden, Direktorat SMK dan Mitrasdudi diharapkan nantinya SMK Mataram khususnya jurusan Busana mampu berkontribusi untuk meluluskan sumber daya manusia yang berkompeten, sesuai dengan kebutuhan industri hingga mampu andil dalam pembentukan ekosistem Industri Garmen tata busana.