IHT Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif dan Kreatif di SMK Nusa Bhakti Semarang

SMK Nusa Bhakti Semarang terus berupaya memacu semangat seluruh civitas akademika dengan melakukan peningkatan kemampuan terutama untuk memajukan kualitas pembelajaran. Dalam rangka persiapan pembelajaran semester genap, guru-guru dibekali IHT pembuatan media pembelajaran dengan tujuan meningkatkan  kompetensi para guru SMK Nusa Bhakti Semarang dalam pembuatan media pembelajaran berbasis video di masa pandemi ini, dan diterapkan untuk kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM) agar siswa lebih memahami materi yang disampaikan oleh bapak dan ibu guru.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang diikuti oleh seluruh peserta IHT, Acara dibuka oleh Kepala Sekolah SMK Nusa Bhakti Semarang (Bapak Mohamad Rosidi, S.Pd., M.Pd) dan dilanjutkan Sambutan dan Pembinaan oleh Komite Sekolah (Bapak Sarwito, S.Pd., M.Pd).

Guru di tuntut kreatif dan inovatif dalam menyajikan bahan ajar bagi siswa-siswi agar tidak timbul rasa bosan atau jenuh saat mengikuti proses pembelajaran jarak jauh (metode daring). Atas dasar itu maka kegiatan IHT di selenggarakan dalam rangka meningkatkan kompetensi guru-guru SMK Nusa Bhakti Semarang dalam melaksanakan Proses Belajar Mengajar Jarak Jauh maupun Tatap Muka.

Kegiatan Inti dipandu oleh Pemateri Pertama yaitu Bapak Lulut Dwi Ratna, S.Pd dengan Materi Pembuatan Video Pembelajaran Inovatif dan Kreatif. kemudian seluruh Peserta IHT bapak/ibu guru melaksanakan praktek pembuatan video media pembelajaran dengan menggunakan Aplikasi KineMaster dan CapCut untuk menghilangkan background belakang. Masing-masing bapak/ibu guru mempersiapkan materi pembelajaran yang nantinya akan dibuat untuk bahan pembuatan video pembelajaran.

Kegiatan hari berikutnya adalah Pembuatan Materi Pembelajaran dengan menggunakan Aplikasi Canva yang dipandu oleh Ibu Ainie Shoufiyyah, S.Pd. bapak/ibu guru melaksanakan Praktek Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva dan Pemanfaatan Sosial Media seperti : Instagram dan Facebook sebagai upaya untuk pembelajaran dan promosi sekolah.

Dan kegiatan hari selanjutnya Pembuatan Media Pembelajaran yang dipandu oleh Ibu Shendy Ayu Yuliesti, S.Pd. Pembuatan Media Pembelajaran menggunakan Aplikasi VN Video Editor dan Pemanfaatan Sosial Media TikTok untuk pembelajaran dan promosi Sekolah.

Bapak ibu guru peserta IHT sangat antusias mengikuti setiap kegiatan mulai pembukaan hingga hari terakhir IHT. Banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada narasumber yang menandakan besarnya keingintahuan untuk terus maju.

Kegiatan hari terakhir dipandu oleh ibu Surya Mei S, SE, S.Pd dengan penyampaian materi tentang pembuatan E-Modul. Bapak Kepala SMK Nusa Bhakti Semarang sangat mengapresiasi semangat Bapak/Ibu Guru dalam mengikuti seluruh kegiatan IHT. Diharapkan dengan adanya kegiatan IHT akan semakin meningkatkan penguasaan teknologi informasi untuk mendukung kegiatan pembelajaran di SMK Nusa Bhakti Semarang. Pada akhir kegiatan, salah satu peserta IHT diminta untuk memberikan testimoni terhadap pelaksanaan IHT. seluruh rangkaian IHT telah selesai dilaksanakan. Secara resmi IHT ditutup oleh Bapak Kepala SMK Nusa Bhakti Semarang, bapak Mohamad Rosidi, S.Pd, M.Pd. dengan mengucap syukur kepada Allah atas kelancaran seluruh kegiatan IHT.