Musyawarah Gugus Depan Ambalan Wukir Rehtawu/Dewi Pertiwi Pangkalan SMAN 1 Bergas Tahun 2021/2022

“Salam Pramuka”

Pramuka adalah kegiatan yang wajib diberikan kepada peserta didik. Salah satu kegiatannya yaitu Musyawarah Gugus Depan atau biasa disebut dengan Mugus. Penyelenggaraan Musyawarah Gugus Depan merupakan salah satu program kerja yang dilaksanakan setiap tiga tahun sekali. Musyawarah Gugus Depan XI.22.02.085/086.S Pangkalan SMA Negeri 1 Bergas kali ini diadakan pada hari Senin, 13 Desember 2021 pukul 07.30 WIB sampai 16.00 WIB. Mugus kali ini mengusung tema “Dengan Musyawarah Gugus Depan Terbentuk Kegiatan Pramuka yang Kreatif.”

Acara Mugus dihadiri langsung oleh Kak Drs. Kaswanto, M.Pd. selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus), Kak Drs. Sutoyo, M.Si. selaku Ketua Gugus Depan (Kagudep), Kak Cipta Andy S, S.Pd. selaku Ketua Panitia, kakak-kakak pembina pramuka Pangkalan SMA Negeri 1 Bergas, serta Dewan Ambalan dan Bantara.

Kegiatan Mugus dibagi menjadi tiga rangkaian kegiatan yaitu Sidang Pleno I, Sidang Pleno II, dan Sidang Pleno III. Kegiatan ini dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu Hymne Pramuka, kemudian dilanjutkan dengan sambutan Kamabigus. Dalam sambutan Kamabigus, Kak Drs. Kaswanto, M.Pd. menyampaikan bahwa dengan berlangsungnya acara Mugus ini diharapkan dapat lebih mengaktifkan kegiatan ekstrakurikuler pramuka meskipun di tengah pandemi Covid-19. Selain itu, Kamabigus juga menyampaikan bahwa pengurus yang terpilih harus mempunyai program kerja yang jelas untuk masa yang akan datang.

Sidang Pleno I berisi laporan pertanggungjawaban Kak Drs. Sutoyo, M.Si. sebagai Kagudep lama. Sidang Pleno II berisi pemilihan Kagudep baru masa bakti 2022-2024. Kagudep putra terpilih yaitu Kak Cipta Andy S, S.Pd. dan Kagudep putri terpilih yaitu Kak Heni Alvionita, S.Pd. Sedangkan sidang Pleno III berisi penandatanganan serah terima jabatan dari Kagudep lama ke Kagudep baru dan dilanjutkan penyampaian Anggaran Dasar Rumah Tangga (ADART) dan program kerja dari Kagudep baru.

Kegiatan Musyawarah Gugus Depan XI.22.02.085/086.S Pangkalan SMA Negeri 1 Bergas telah berjalan dengan lancar dan tertib. Peserta Mugus juga tampak antusias dalam mengikuti serangkaian acara tersebut. Kegiatan ini berlangsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Sebuah Pengorbanan Tanpa Penghabisan Karena Aku Pramuka”

Penulis: Prisma Meita Mustika, S.Pd., M.Pd., Guru SMAN 1 Bergas

Editor: Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang