SMKN 1 Semarang Laksanakan IHT Untuk Tingkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru

Kegiatan IHT merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh SMK Negeri 1 Semarang guna meningkatkan kompetensi dan kualitas guru. SMK Negeri 1 Semarang menjadi salah satu sekolah yang terpilih dalam melaksanakan program SMK PK (SMK Pusat Keunggulan), dimana program ini merupakan Kebijakan Merdeka Belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia. Program SMK PK  merupakan upaya sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran , transformasi diri dan mengembangkan hasil belajar secara menyeluruh yang mencakup kompetensi, yang diawali oleh Kepala Sekolah dan Guru.  Oleh karena itu, perlu adanya persiapan dalam hal kapasitas  dan kompetensi guru untuk melakukan sebuah rekontruksi dan reformasi dalam dunia pendidikan.

In House Training (IHT) di SMK Negeri 1 Semarang dilaksanakan selama empat hari, yakni mulai tanggal 13 hingga 17 Desember 2021, yang bertujuan meningkatkan kualitas guru dari berbagai mata pelajaran yang didukung oleh fasilitator atau pendamping yang profesional. Kegiatan ini diawali dengan pertemuan antara Kepala SMK Negeri 1 Semarang, yakni F. Budi Santoso, S.Pd, M.Pd, M.Si dengan Komite Pembelajaran dalam mempersiapkan kegiatan IHT, selanjutnya menyusun jaswal, panitia, sosialisasi, implementasi, pelaksanaan IHT dan pelaporan. Peserta IHT sendiri yakni, para guru SMK Negeri 1 Semarang.

Materi yang disampaikan dalam IHT antara lain mengenai Paparan Tentang Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Teaching Factory (TEFA), PJBL (Project Based Learning/Pembelajaran Berbasis Proyek), Penilaian Tindakan Kelas (PTK) dan Media Penilaian Digital; (MPD) SMK PK. Melalui kegiatan IHT ini, diharapkan SMK Negeri 1 Semarang dapat menerapkan dan mendesain berbagai model pembelajaran yang bervariasi guna meningkatkan kualitas pembelajaran, serta mampu menggunakan media penilaian secara digital SMK PK.

Adanya kolaborasi antara guru dan pendampingan fasilitator yaitu, Bapak Sri Suwarno S.Pd, M.Pd, Ibu Praptining Rahayu., S.Pd, M.Pd, Bapak Dr. Nur Khoiri, S.Pd, M.Si, M.Pd, Bapak Mudjio Heri Purnomo, S.Pd, serta pengawas SMK Negeri 1 Semarang,Ibu  Zakiyatul Jamilah, M.Pd, IHT di SMK Negeri 1 Semarang berjalan dengan lancar dan penuh dedikasi yang tinggi.

(Hanako)