Pembekalan PKL Periode Januari sd Juni 2022 Blanded System di SMKN 4 Semarang

Bertempat di Aula SMKN 4 Semarang berlangsung Pembekalan Praktek Kerja Lapangan (PKL) Periode Januari sampai dengan Juni 2022, pembekalan berlangsung selama 2 hari yaitu tanggal 14 dan 15 Desember 2021 diikuti oleh Siswa kelas XI yang akan PKL. Acara Pembekalan PKL berkangsung secara luring dan daring dengan aplikasi Zoom meet, sedangkan yang luring hari pertama  dihadiri oleh  36 siswa dari 3 kompetensi keahlian yaitu Multimedia, Teknik Pemesinan dan Desain Permodelan dan Gambar Bangunan (DPIB) dengan nara sumber dari industry yaitu CV Ayodya Production dan PT Nerangi Sarana Karya (NSK)  sedangkan hari kedua tanggal 15 Desember 2021 diikuti oleh peserta kompetensi keahlian Teknik Audio Video, Teknik Instalasi Tenaga Listrik dan Teknik Elektronika Industri dengan jumlah peserta 36 siswa dengan nara sumber dari PT LG Elektronik dan CV Lulus Jaya Powerindo.

Dalam pembekalan PKL Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas dan Hubin, Ice Faulia S.Pd,M.Si menyampaikan sosialisasi PKL  yang bersumber dari buku pedoman PKL dari Kementrian Pendidikan dan kebudayaan Dirjen Vokasi. Kegiatan PKL ini memiliki payung hukum Undang-undang Sisdiknas Nomor 20 tahun 2003, Permendikbud Nomor 50 tahun 2020, Tujuan dari PKL antara lain menumbuhkan karakter dan budaya kerja, peningkatan kompetensi keahlian, serta menyiapkan kemandirian peserta didik dalam bekerja.

Kegiatan ini tentu saja merupakan bentuk link and match dalam mewujudkan 8 plus i SMK , adapun jangka waktu pelaksanaan PKL adalah 6 bulan secara luring. Dengan melaksanakan pembekalan daring dan luring ini diharapkan peserta siap dan memahami kewajiban dan tugas siswa selama melaksanakan PKL di Indutri, Untuk industri yang  bermitra dalam periode januari sampai dengan juni 2022 adalah sebanyak  125 industri dengan jumlah siswa yang diterjunkan kali ini adalah 252 siswa terdiri dari 7 kelas pad 6 kompetensi keahlian.

Materi dari narasumber dari industry antara lain dari PT LG Indonesia yaitu Andre, Cv Lulus Jaya Powerindo yaitu Rudi Setiawan,ST,MT, CV Ayodya Production yaitu Ajeng Desi K dan nara sumber dari PT NSK adalah Ian , secara garis besar nara sumber membahas tentang seputar tata tertib dan budaya kerja yang ada dilingkungan industri. Pemadatan materi Pembekalan PKL seputar  lingkup pekerjaan, Kesehatan dan keselamatan kerja, budaya kerja 5R, Kesimpulan untuk pembekalan PKL periode Januari sd juni 2022 antara lain mentaati segala peraturan yang ada di industri, menjaga nama baik sekolah, mengembangkan pengetahuan dengan banyak menggali dan berkolaborasi dengan teknisi di lingkungan kerja, berlatih softskill anytara lain attitude, kesopanan, komunikasi serta melaksanakan Praktek Kerja Lapangan dengan penuh tanggung jawab.

Baca juga di :

https://www.smk4smg.sch.id
https://www.pdkjateng.go.id/p/berita

Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubbin SMKN 4 Semarang)
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom