Potret Kegiatan SMAN 14 Semarang di Hari Jumat

Semarang, (21/01/22). Kegiatan-kegiatan siswa saat melangsungkan Pembelajaran Tatap Muka 100% di SMA Negeri 14 Semarang terus-menerus digaungkan: GEMMMES (Gerakan Menyanyi, Memungut dan Memilah Sampah), GLS (Gerakan Literasi Sekolah), hingga Jumat BERSERI (Bersih, Sehat, Religi). Jumat BERSERI menjadi salah satu kegiatan yang mengundang banyak partisipan dan support oleh guru dan siswa. Saat berlangsungnya kegiatan tersebut, siswa pada setiap tingkatan akan melakukan pola hidup sehat, pola hidup bersih, dan kegiatan religius sesuai kepercayaan siswa masing-masing, dan akan bergantian pada setiap minggunya.

Di saat pelaksanaan PTM 100%, siswa-siswa didampingi oleh petugas dan Wali Kelas akan melaksanakan Jumat BERSERI pada setiap jam pertama – 30 menit – dan dilanjutkan KBM. “Kita tentu meminta siswa pada setiap hari Jumat jam pertama untuk melakukan BERSERI, sebagai contoh hari ini siswa kelas XII berkumpul di lapangan untuk membersihkan biopori-biopori agar tidak tersumbat oleh tanah, kelas XI berkumpul di Masjid bagi yang beragama Islam untuk melakukan shalat dhuha adapun yang Nasrani berkumpul di aula, dan kelas X di kelas masing-masing untuk menyusun video ajakan taat prokes.” Jelas Ibu Suspeni selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas.

Bahkan saat KBM yang berlangsung secara daring, kegiatan iconic tersebut tetap berlangsung meski siswa-siswa melakukannya di rumah masing-masing; dan mereka, sebagai bukti, mengirimkan foto atau video kepada wali kelas. Menurut Kepala Sekolah SMA Negeri 14 Semarang, Ibu Dra, Sulastri, M.Pd, Kegiatan Jumat BERSERI akan selalu dilaksanakan sebagai perwujudan branding SMAN 14 Semarang, yaitu BERKELAS (Bersih, Estetik, Religius, Kreatif, Etika, Lugas, Adaptif, dan Sportif), Maka kegiatan sekolah harus didasarkan pada Rencana Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS).

“Dan karena sekolah kita dikenal oleh publik sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri, maka kegiatan-kegiatan sekolah salah satunya harus berpola atau condong pada hal-hal yang bersifat bersih.” Jelas Ibu Sulastri.

Komitmen SMA Negeri 14 Semarang untuk terus kontinu mewujudkan visi dan misi sekolah salah satunya dengan adanya kegiatan rutin Jumat BERSERI. “Sebagaimana visi dan misi SMA Negeri 14 Semarang untuk Mewujudkan peserta didik yg Religius, berakhlak mulia, Berprestasi, Terampil, dan Berbudaya Lingkungan Hidup, maka SMA Negeri 14 Semarang mewujudkannya melalui Budaya Jumat Berseri secara rutin.” Kata Ibu Suspeni

Penulis  : Muhamad Zayyinul Muttaqin, S.Pd., M.Pd