Bangun Citra Sekolah Lewat Duta SMA Nasima

SMA Nasima sebagai unit tertinggi di Sekolah Nasima senantiasa menciptakan aneka program unggul dan tak kalah menarik bagi peserta didiknya. Di awal tahun 2022 ini bertepatan dengan HUT Ke-28 Sekolah Nasima lahirlah Duta SMA Nasima yang siap membawa nama sekolah untuk tetap eksis dan semakin berkembang di masyarakat. Duta SMA Nasima merupakan program perdana yang diselenggarakan dengan harapan dapat menciptakan generasi unggul sebagai citra diri sekolah. Program ini diberikan untuk peserta didik kelas X dan XI SMA Nasima baik putra maupun putri terpilih dari masing-masing kelasnya. Mereka harus melewati rangkaian tes seleksi baik tertulis, wawancara dan unjuk bakat hingga sampailah pada puncak penobatan peserta didik sebagai Duta SMA Nasima 2022.

Kegiatan yang mulai berlangsung sejak 03-06 Januari 2022 diikuti dengan cukup baik oleh 6 putra dan 6 putri terpilih dari setiap kelasnya. Tahapan seleksi diawali dengan tes tertulis berkenaan dengan kompetensi kenasimaan dan wawancara tertutup oleh dewan juri. Dari 12 semi finalis terpilih 3 terbaik yang berhak mengikuti babak final, yakni unjuk bakat yang dilaksanakan secara blended hybrid learning melalui Microsoft Teams. Finalis yang terpilih berasal dari kelas X IPA 2, X IPS, XI IPA 2 dan XI IPS. Peserta didik menampilkan bakat unik yang mereka miliki di babak final ini. Kepala SMA Nasima, Eni Setyaningsih,S.Pd,Gr yang juga merupakan salah satu dewan juri dalam pemilihan duta SMA Nasima menyampaikan “Keenam finalis yang tampil sudah sangat bagus sekali, sampai kami sebagai dewan juri bingung untuk memilih. Tentunya siapapun yang terpilih harus siap untuk membawa SMA Nasima lebih unggul lagi di masyarakat”.

Puncaknya setelah upacara bendera tatap muka 100% terpilih satu putra dan putri yang berhak menyandang gelar Duta SMA Nasima 2022. Duta SMA Nasima putra 2022 diraih oleh Harits Muhammad Zahid dari XI IPA 2 dan Duta SMA Nasima putri 2022 diraih oleh Alya Puspita Rhany  X IPS. Semoga putra putri SMA Nasima terpilih ini dapat menjadikan sekolah tetap eksis, terdepan dan semakin banyak dikenal di seluruh penjuru nusantara.

Perubahan situasi dan kondisi setahun ini membawa dampak yang sangat berarti dalam berbagai aspek kehidupan. Hal ini tak terkecuali terjadi pada pelajar sebagai generasi penerus bangsa. Aktivitas belajar di sekolah yang biasanya bertatap muka beralih ke tatap maya. Pembiasaan harian dan penguatan karakter dari sekolah pun mulai perlahan luntur seiring berjalannya waktu. Fenomena ini tentunya menjadi perhatian tersendiri di salah satu sekolah swasta islam di Kota Semarang. Di tengah suasana pandemi Sekolah Nasima tetap berkomitmen untuk membimbing karakter peserta didik tanpa terhalang jarak dan waktu.

Konsistensi Sekolah Nasima dalam pendampingan peserta didik direalisasikan dengan menggandeng pihak ketiga Microsoft Office 365 sebagai bentuk komitmen sekolah bersinergi dengan orang tua untuk mengoptimalkan kebutuhan belajar peserta didik selama pandemi. Kegiatan pembelajaran dan bimbingan dengan Bapak Ibu Guru beralih melalui media virtual meetingnya yaitu Microsoft Teams secara intensif dan terjadwal setiap harinya. Beragam fasilitas yang ditawarkan Microsoft Office 365 menjadikan peserta didik tetap aktif, kreatif dan produktif dalam melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan sekolah meskipun hanya bertemu secara virtual. Orang tua pun juga dapat memantau perkembangan putra-putrinya dalam pembelajaran daring sehingga kolaborasi antara peserta didik, orang tua dan sekolah dapat berjalan seirama seiring situasi dan kondisi pandemi yang belum reda.

Pembelajaran daring yang dilaksanakan selama setahun lebih lamanya yang diawali pada bulan Maret tahun 2020 tidak mengurangi esensi penguatan karakter sekolah kepada peserta didik yang berada di rumah. Karakter NASIMA YES senantiasa terwujud dalam rangkaian pembiasaan harian dan kegiatan kesiswaan dengan melibatkan kerjasama berbagai pihak baik internal maupun eksternal. Peran aktif wali kelas sebagai garda depan mendampingi peserta didik dan intens membangun komunikasi dengan orang tua selama masa Study From Home turut menjadi fokus utama dalam penguatan karakter peserta didik di Sekolah Nasima.

Salah satu kegiatan kesiswaan yang rutin dilaksanakan dengan tujuan memaksimalkan pengembangan diri peserta didik di sekolah, yakni Ekstrakurikuler tersaji baik dengan jadwal diatur sedemikian rupa agar peserta didik tetap memperoleh haknya untuk pembelajaran daring dan pengembangan kreativitas di ragam ekstrakurikuler berjalan optimal. Penyelenggaraan ekstrakurikuler Sekolah Nasima selama pandemi diikuti seluruh peserta didik dari rumah secara daring melalui Microsoft Teams. Pemilihan jenis ekstrakurikuler ditentukan sesuai dengan bakat dan minat peserta didik pada khususnya. Ekstrakurikuler inilah kemudian dikenal dengan ekstrakurikuler daring atau Virtual Extracurricular.

Karakter NASIMA YES yang terbangun dalam Virtual Extracurricular menjadi perhatian sekolah agar peserta didik tetap dapat berkreasi di tengah pandemi. Ragam ekstrakurikuler yang disesuaikan dengan penguatan karakter NASIMA YES terwujud dalam rangkaian ekstrakurikuler bernuansa seni religi, bahasa, sains, kecakapan hidup dan masih banyak pula rangkaian ekstrakurikuler lainnya. Komunikasi aktif yang terjalin antara pelatih dan peserta didik pada saat virtual meet menjadi sarana rekreasi tersendiri ketika mereka bisa mengeksplorasi diri untuk menghasilkan karya-karya kreatif dan aktif berkompetisi agar menjadi juara di cabang ekstrakurikuler yang mereka ikuti.

Virtual extracurricular yang diikuti oleh peserta didik harapannya bisa menjadi pintu pembuka agar mereka dapat berprestasi di bidang non akademik karena nantinya prestasi ini juga dapat digunakan peserta didik dalam menempuh jenjang studi lanjut menuju perguruan tinggi. Pelaksanaan virtual extracurricular secara konsisten dan berkesinambungan mampu menguatkan karakter peserta didik untuk berintegritas kuat, yakin menjadi yang terbaik, santun komunikatif, aktif bekerjaama dan siap bertanggung jawab sesuai dengan karakter NASIMA YES yang telah dipaparkan di atas. Karakter empati dikembangkan melalui ekstrakurikuler Pramuka yang menjadi bagian dari salah satu virtual extracurricular di Sekolah Nasima.

Penyelenggaraan ekstrakurikuler di Sekolah Nasima yang hingga saat ini masih berlangsung melalui virtual meet tidak menyurutkan animo peserta didik dalam pengembangan potensi diri. Intensitas pendampingan serta kerjasama sekolah melalui wali kelas bergandengan tangan bersama orang tua siap mewujudkan generasi penerus bangsa di Sekolah Nasima yang berdedikasi tinggi, berakhlak mulia dan tentunya berkarakter NASIMA YES!

Penulis : Rizky Meutia Ramadita, S.Psi. Waka Kesiswaan SMA Nasima