Sarasehan Wujudkan SMANDA Harmonis

Sarasehan merupakan salah satu program kerja tahunan MPK SMA 2 Semarang yang bertujuan sebagai wadah para siswa dan siswi untuk menyampaikan aspirasinya. Aspirasi-aspirasi tersebut akan disampaikan secara langsung kepada pihak sekolah, sehingga pihak sekolah dapat mengetahui dan memberikan tanggapan terkait apa saja yang dikeluhkan oleh para siswa. SMA Negeri 2 Semarang merupakan sekolah yang menjamin hak kebebasan dalam berpendapat bagi seluruh siswa-siswinya, dimana siswa dan siswi dapat memberikan kritik, saran dan masukan kepada pihak sekolah secara langsung. Sarasehan ini dapat menjadi jalan tengah dari permasalahan tersebut sehingga dapat memberikan keselarasan antara para siswa dan pihak sekolah serta dapat menciptakan lingkungan yang serasi dan harmonis di SMA N 2 Semarang.

Sarasehan dilaksanakan dengan 2 tahapan kegiatan yaitu tahapan pra-acara dan acara. Tahapan pra-acara sarasehan berisi kegiatan penyebaran angket yang memuat beberapa pertanyaan untuk para siswa terkait sekolah dan pengajuan aspirasi siswa sesuai keadaan yang mereka alami. Hasil angket siswa akan direkap dan disampaikan secara langsung dihadapan pihak sekolah yang diwakilkan oleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan beberapa guru pengajar yang bersangkutan serta pihak perwakilan siswa. Pembacaan hasil angket diadakan saat acara sarasehan. Di dalam acara tersebut, baik pihak sekolah maupun siswa mempunyai kesempatan untuk memberikan tanggapan yang dapat berupa saran, kritik maupun masukan.

Sarasehan dibagi dalam beberapa bidang diantaranya yaitu, sarasehan kurikulum, sarasehan ekstrakurikuler, sarasehan tata tertib, dan sarasehan sarana pra-sarana. Oleh karna itu, pelaksanaan sarasehan disesuaikan dengan kebutuhan serta permasalahan yang sedang dihadapi dalam lingkungan sekolah. Di SMA Negeri 2 Semarang biasanya dilakukan 2 sampai 3 kali sarasehan dalam 2 semester. Hingga saat ini, sarasehan juga masih berjalan dan sudah terbukti bahwa, program kerja ini dapat memberi banyak dampak positif dalam pengembangan sekolah dan memberikan kenyamanan bagi seluruh warga sekolah serta menjadikan SMA Negeri 2 Semarang menjadi sekolah yang damai, harmonis dan nyaman bagi warga sekolahnya.

Penulis : Humas SMAN 2 Semarang