Kemeriahan Oskrea Tumbuhkan Jiwa Kompetisi Generasi Muda

Olimpiade Sains, Seni, Kreativitas dan Aksi Siswa (Oskrea) berhasil diselenggarakan secara luring terbatas di SMA Nasima tetap menjadi daya tarik tersendiri bagi pelajar SMP/MTS untuk berkompetisi positif di tengah pandemi.  Rangkaian kegiatan yang terbagi dalam beberapa hari berjalan lancar dengan memperhatikan protokol kesehatan yang cukup ketat. Enam cabang lomba turut dihadirkan pada Oskrea 2022, yakni olimpiade Matematika, IPA, Murotal, English Speech, Band dan Tari Ratoh Jaroe. Seluruh pendaftar berasal dari berbagai daerah di Indonesia mulai dari Jambi, Padang, Lampung, Semarang, Karawang, Nganjuk, Jember, Tulungagung  sampai dengan ke wilayah timur Indonesia, Gowa. Temu Teknik juga digelar sebelum pelaksanaan lomba secara virtual menggunakan media Microsoft Teams pada 17 Februari 2022.

Olimpiade Matematika dan IPA sebagai pembuka kegiatan Oskrea telah dimulai pada 24-25 Februari 2022. Babak penyisihan olimpiade diikuti peserta dalam dua sesi yang bertempat di laboratorium komputer Tondano dan Limboto SMA Nasima. Beberapa peserta berhalangan hadir karena kebijakan PPKM daerah setempat dan kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan untuk datang langsung ke SMA Nasima. Hasil babak penyisihan terpilih sepuluh besar untuk masing-masing cabang olimpiade  dan mereka diperkenankan mengikuti final yang dilaksanakan pada Rabu, 02 Maret 2022 di tempat yang sama.

Cabang lomba berikutnya digelar cukup meriah pada dua hari berikutnya, yakni Jum’at, 04 Maret 2022. Murotal dan English speech diikuti oleh para finalis sejak pagi di SMA Nasima. Peserta didik SMP Nasima juga ikut berkompetisi di  Oskrea mulai olimpiade Matematika dan IPA, murotal, speech dan band. Pameran dan bazaar juga turut dihadirkan dalam Oskrea 2022 dengan melibatkan organisatoris SMA Nasima. Salah satu produk handsanitizer dan handsoap buatan peserta didik dan guru yang tergabung dalam ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR) menarik perhatian pengunjung bazaar Oskrea 2022.

Puncak acara dan pengumuman pemenang berlangsung pada Sabtu,05 Maret 2022 secara live streaming dari Hall Kaimana, SMA Nasima mulai pukul 10.00-11.00. Pagi harinya diisi oleh finalis band dan tari Ratoh Jaroe yang tampil dengan protokol kesehatan ketat dan dihadiri juri berkompeten di bidangnya. Acara yang disambut virtual langsung oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I, Provinsi Jawa Tengah, Sunarto, S.Pd, M.Pd. melalui Microsoft Teams. Ucapan selamat kepada seluruh pemenang beliau sampaikan dalam sambutannya. Beliau menuturkan, “Oskrea dapat menjadi ajang kompetisi yang sehat bagi peserta di bidang akademis, tentunya ini akan menjadi satu hal yang sangat bermanfaat di masa yang akan datang”. Dr. Dwi Sukaningtyas, M.Pd. selaku Direktur Pendidikan II Yayasan Pendidikan Islam Nasima juga menyampaikan selamat secara langsung kepada seluruh juara yang telah berkompetisi dengan baik di Oskrea 2022  dan bagi yang belum meraih prestasi tetaplah terus mempersiapkan diri sebagai generasi bangsa yang berkompeten. Selanjutnya tibalah pada saat yang ditunggu-tunggu,yaitu pengumuman pemenang yang disampaikan oleh pembawa acara dan selengkapnya dapat dilihat langsung melalui media sosial Instagram Oskrea. Piala bergilir Gubernur Jawa Tengah Oskrea 2022 diraih oleh SMPTQ Pangeran Diponegoro. Selamat kepada para juara!

Penulis : Rizky Meutia Ramadita, S.Psi., Waka Kesiswaan SMA Nasima