SMAN 1 Bergas Juara II Dalam Gala Siswa Indonesia (GSI) SMA/SMK Kabupaten Semarang

Gala Siswa Indonesia (GSI) merupakan ajang pencarian bakat pesepak bola muda Indonesia. GSI ini adalah tindak lanjut dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2019 tentang percepatan pembangunan persepakbolaan nasional. GSI Kabupaten Semarang diikuti oleh empat peserta yaitu SMAN 1 Bergas, SMAN 1 Suruh, SMK Binus Ungaran, dan SMK Islam Sudirman 2 Ambarawa.

Pertandingan GSI dilaksanakan pada Selasa, 8 Maret 2020 pukul 07.30WIB sampai selesai di Stadion Pandanaran Wujil Ungaran. Pertandingan ini dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Panitia pelaksana memakai masker dan atau faceshield saat menjalankan tugasnya sedangkan pemain harus mencuci tangan dan mengukur suhu tubuh sebelum masuk ke arena. Pemain dan ofisial memakai masker kecuali pada saat bertanding. Pemain cadangan dan ofisial tetap memakai masker di bangku cadangan dengan menjaga jarak duduk. Selama pertandingan tidak diperkenankan adanya penonton demi menghindari dari kerumunan. Hal ini pun dilakukan juga oleh pemain sepak bola SMAN 1 Bergas.

Pelaksanaan pertandingan GSI dilakukan pada Selasa, 8 Maret 2022 di Wujil yang didampingi oleh tim pelatih SMAN 1 Bergas. Pada pertandingan pertama, SMAN 1 Bergas memenangkan pertandingan melawan SMK Islam Sudirman 2 Ambarawa dengan skor 3-0. Pertandingan ini berlangsung secara sportif. Pada pertandingan kedua, SMAN 1 Bergas kurang beruntung dalam melawan SMK Binus Ungaran yang memperoleh skor 0-1. Pertandingan terakhir SMAN 1 Bergas melawan SMAN 1 Suruh dengan skor 2-0.

Dalam pertandingan Gala Siswa Indonesia (GSI) ini, SMAN 1 Bergas berhasil menyabet juara II dengan membawa pulang tropi, piagam, dan uang pembinaan. Hal ini tentulah menjadi salah satu kebanggan untuk warga SMAN 1 Bergas terutama Bapak Kepala Sekolah. Untuk itu, ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Bapak Supriyanto, S.Pd. selaku Kepala SMAN 1 Bergas yang telah memberikan dukungan penuh kepada tim sepak bola SMAN 1  Bergas. Semoga dengan berhasilnya tim sepak bola SMAN 1 Bergas ini dapat memotivasi peserta didik lain untuk bisa lebih berprestasi di bidang olahraga maupun bidang lainnya.

Penulis: Prisma Meita Mustika, S.Pd., M.Pd. (Guru SMAN 1 Bergas)