Motivasi UTBK dari Alumni SMAN 13 Semarang, Mr. Yan, Trainer Spesialis UTBK Penerbit Airlangga

SMAN 13 Semarang pada tanggal 14 Maret 2022 mengadakan acara motivasi UTBK dengan tema “Mewujudkan Mimpi Kuliah dengan Segala Keterbatasan” yang diisi oleh Mr. Yan dari Airlangga. Acara motivasi UTBK dilakukan dua sesi yaitu sesi Saintek dan Soshum. Acara motivasi UTBK diperuntukkan semua siswa kelas XII baik yang berminat melanjutkan atau tidak. Acara ini bertujuan memotivasi siswa baik yang akan melanjutkan atau tidak untuk mematangkan perispan UTBK.

Acara motivasi UTBK sesi Saintek dibuka oleh Bapak kepala sekolah Rusmiyanto yang menjelaskan pentingnya melanjutkan studi. Bapak Rusmiyanto mendorong siswa untuk melanjutkan studi dengan segala keterbatasan yang anak – anak jalani. Dengan adanya acara ini bapak Rusmiyanto berharap lulusan SMAN 13 Semarang banyak diterima di PTN sehingga mampu menaikkan nama SMAN 13 Semarang.

Acara motivasi UTBK diisi oleh bapak Suyanto guru dari SMAN 4 Semarang dan merupakan alumni SMAN 13 Semarang. Bapak Suyanto atau sering dipanggil Mr. Yan merupakan guru inspiratif dengan berbagai prestasi seperti Mahasiswa Berprestasi Utama 1 IKIP Semarang (1999), Mahasiswa Berprestasi Nasional (1999), Teacher Grant Award – Seameo Qitep In Science (2012) dan Finalis OSN Guru Fisika 2019.

Acara inti pada sesi Saintek diawali dengan perkenalan. Mr. Yan yang berlatarbelakang guru Fisika, sehingga memudahkan Mr. Yan untuk mengambil hati murid peminatan Saintek. Pada sesi ini, Mr. Yan menjelaskan latarbelakangnya sebagai siswa tidak mampu yang sama sekali tidak memiliki mimpi untuk kuliah. Dalam paparannya, Mr. Yan memberikan poin penting yaitu membunuh kemiskinan, kebodohan, dan kemalasan yang merupakan semangat untuk terus belajar sewaktu bersekolah di SMPN 23 Semarang dan SMAN 13 Semarang. Mr. Yan, mendorong kepada siswa SMAN 13 Semarang untuk tidak mengecilkan hati karena tingkat ekonomi rendah. Penjelasan dilanjutkan pada materi tips dan trik mengerjakan UTBK. Materi ini adalah materi esensial yang menarik bagi siswa mengingat pemaparan Mr. Yan sangat penting sebagai bekal dalam mengerjakan soal UTBK.

Sesi kedua adalah sesi penjelasan Soshum yang diikuti mayoritas anak IPS dan ada beberapa anak MIPA yang mengikuti sesi Soshum. Mr. Yan menjelaskan anak IPS memiliki modal untuk sukses karena banyak dari jurusan IPS yang sukses seperti alumni SMAN 13 Semarang, bapak Waskito. Secara umum penjelasannya hampir sama dengan sesi Saintek. Pada sesi penutupan Mr. Yan berpesan agar siswa Soshum yang mayoritas adalah siswa IPS untuk merenung langkah kedepan dan mendorong untuk mencoba tes UTBK karena sukses adalah hak semua orang.