Bekali Generasi Muda Islam, SMA Negeri 14 Selenggarakan Literasi Religi Di HUT Ke 35

Semarang (22/03/22), Genap berumur 35 tahun, SMA Negeri 14 Semarang mengambil tema besar “fourteenesia” untuk memeriahkan hari jadi sekolah tersebut. Beberapa kegiatan yang berorientasi siswa dirancang dan dilaksanakan dimana salah satunya ialah kegiatan Literasi Religi untuk memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1443 H. “Pada kegiatan literasi keagamaan diisi dengan acara pengajian dalam rangka memperingati Hari Besar Islam Isra dan Mi’raj Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Peringatan Isra Mi’raj diikuti oleh seluruh siswa kelas 11 acara dimulai pukul 10.00 sampai pukul 12.00 WIB. Untuk memperkuat literasi para siswa tidak hanya hadir dan mendengar, akan tetapi mereka juga diwajibkan merangkum isi ceramah dengan mencatat di buku  kemudian diserahkan kepada guru agama dan dinilai.” Ucap Pak Yusuf selaku Pembina ROHIS SMA Negeri 14 Semarang.

Bapak Yusuf yang juga selaku Guru PAI dan BP menambahkan bahwa acara yang dikoordinir oleh siswa-siswa ROHIS terlihat berjalan dengan lancar terbukti dengan seluruh rangkaian dapat dilaksanakan dengan baik,  mulai dari pembukaan penampilan rebana sambutan-sambutan dan acara inti pengajian Isra Mi’raj yang disampaikan oleh Bapak Kyai Nafan Soleh dari Semarang.

Belajar banyak hal dari kegiatan Literasi Religi yang diselenggarakan di Masjid Al-Ikhlas SMA Negeri 14 Semarang salah satunya ialah pesan untuk tidak meninggalkan perintah solat-solat wajib. Bapak Turmudhi selaku penanggung jawab acara berharap, “Saya pribadi berharap dengan terealisasinya acara peringatan Isra’ Mi’raj kita semua dapat meneladani kisah dan peristiwa yang dialami oleh Nabi kita Muhamad SAW, bagaimana Beliau menerima perintah langsung untuk menunaikan ibadah solat, perjuangan beliau dalam berdakwah. Maka oleh karena itu, siswa dan siswi SMA Negeri 14 setelah memperoleh ilmu dari kegiatan tersebut perlu untuk disiplin dalam ibadah khususnya solat berjamaah di Masjid.”

Acara pengajian tersebut ditutup dengan doa kemudian dilanjutkan dengan salat zuhur berjamaah.

Penulis : Muhamad Zayyinul Muttaqin, S.Pd., M.Pd.