SMAPA Dalam Doa Bersama

Menjelang Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2021/2022, SMA Negeri 4 Semarang mengadakan doa Bersama pada hari kamis 24 Maret 2022. Doa Bersama ini diikuti oleh seluruh peserta didik kelas XII dan seluruh guru serta karyawan SMA Negeri 4 Semarang.

Kegiatan doa Bersama ini merupakan rutinitas tahunan menjelang Ujian Sekolah. Diawali dengan pengarahan kepala sekolah Dra, Wiji Eny Ngudi Rahayu, M.Pd dilanjutkan dengan pelaksanaan doa Bersama. Bagi peserta didik yang beragama Islam melaksanakan doa Bersama dilanjutkan muhasabah di masjid At-Taqwa dengan mubaliq Bp. KH. Gush M. Aqib Malik, A.TH.I.CIH. Sedangkan peserta didik yang beragama Kristen dan Katholik sesuai pengarahan dilanjutkan perjalanan menuju Goa Maria Kereb Ambarawa untuk melangsungkan doa Bersama disana didampingi oleh ibu bapak guru agamanya masing masing.

Doa Bersama yang telah menjadi budaya positif di SMA Negeri 4 Semarang ini diharapkan dapat membentuk akhlak mulia dan meningkatkan keimanan serta ketaqwaan para peserta didik, utamanya kelas XII yang akan melaksanakan ujian sekolah. Dengan muhasabah yang berbentuk refleksi diri dan saling memaafkan satu sama lain baik kepada guru maupun antar teman diharapkan dapat meleburkan hati masing masing sehingga Kembali bersih. Dengan hati yang bersih maka semoga doa doa yang dipanjatkan akan terkabul.

Harapan kepala sekolah dalam pengarahannya, dengan doa Bersama mudah mudahan dapat meningkatkan motivasi belajar dan kerja keras untuk menghadapi ujian sekolah, diberikan kemudahan serta kelancaran dalam melaksanakan ujian sekolah terlebih dari itu dapat diterima di perguruan tinggi negeri dan swasta ternama sesuai denga napa yang dicita-citakan.

Bu Eny juga berpesan pada akhir pengarahannya “Berjuanglah… agar kalian dalam mengarungi kehidupan menjadi sosok yang hebat, menjadi pemimpin yang hebat pula dan bisa membanggakan masyarakat”.

Artikel dapat pula dilihat pada link ini

Penulis : Ririn Masrikhah, M.Si (Waka Kurikulum SMA N 4 Semarang)