Rumah Produksi Pusat Keunggulan  SMK Theresiana Semarang Resmi Beroperasi

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Provinsi Jawa Tengah, Sunarto, S.Pd., M.Pd. bersama Direktur Direktorat Sekolah Theresiana Rm. M. Roselawanto, Pr., M.Hum meresmikan Rumah Produksi SMK Theresiana Pusat Keunggulan pada Rabu, 23 Maret 2022.

Dalam sambutannya, kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Provinsi Jawa Tengah menyampaikan pesan agar SMK Theresiana terus menjadi pendamping dan pengantar setiap generasi dalam mencapai mimpi-mimpinya.

Pada Juni 2021, SMK Theresiana telah ditetapkan sebagai SMK pusat keunggulan bidang Hospitality terkhusus program Kuliner. SMK PK merupakan salah satu program prioritas dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Pendidikan Vokasi) Kemendikbud pada tahun 2021 ini. Program ini lahir sebagai upaya pengembangan SMK dengan program keahlian tertentu agar mengalami peningkatan kualitas kompetensinya. Pencapaian  tersebut tentunya harus diperkuat dengan adanya kemitraan dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI), juga dukungan dari pemerintah serta Perguruan Tinggi. Dalam hal ini, UNNES merupakan perguruan tinggi yang mendampingi SMK Theresiana untuk mengembangkan SMK Pusat Keunggulan. Melalui program SMK PK ini diharapkan dapat menjadi sekolah rujukan bagi sekolah – sekolah di sekitarnya

Dalam proses pengembangannya sebagai sekolah pusat keunggulan, SMK Theresiana mendapatkan bantuan dana dari Kementerian Pendidikan. Bantuan dana tersebut digunakan untuk pembangunan fisik, pengembangan non fisik (pembelajaran) dan pengadaan peralatan. Pembangunan fisik ini telah dilakukan sejak awal Agustus 2021 sampai Desember 2021 yang dinamakan “Rumah Produksi”. Rumah Produksi ini dipergunakaan sebagai tempat belajar siswa, mulai dari merancang sebuah produk, memproduksi, mengemas,  dan memasarkannya.

Dalam acara peresmian rumah produksi, produk-produk siswa dari berbagai program kejuruan juga turut dipamerkan diantaranya adalah produk makanan maupun minuman herbal. Produk-produk siswa antara lain berbagai jenis kue/backery, minuman herbal, sanitari bisa didapatkan melalui marketplace shopee dan Tokopedia Granarishop57 atau datang langsung ke Galery workshop di kampus Gajahmada.

Program SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK) tahun 2021 telah mengubah wajah SMK Theresiana Semarang menjadi SMK rujukan. Dengan semangat pengimbasan dengan penguatan di bidang hospitality, kini SMK Theresiana telah memiliki Rumah Produksi yang mewadahi siswa untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Tidak hanya itu, kerja sama dengan mitra industri yaitu Grand Candi Hotel Semarang, Patra Hotel Semarang, Ibis Hotel Semarang Simpang Lima, PO hotel, Louis Kienne Hotel, Noormans Hotel , Ciputra hotel, Grand Arkenso Hotel Simpang Lima, Virgin Bakery, Diryana Bakery, Holland Bakery, Novotel Semarang, dan Sushi Tei juga semakin komprehensif melalui penyelarasan kurikulum, kelas industri, hingga rekrutmen alumni dari kelas industri.

Pusat Keunggulan sendiri bertujuan untuk mengimplementasikan pengembangan SMK dengan program keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja. Pada akhirnya, SMK Theresiana Semarang  menjadi SMK rujukan dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya.

Dengan adanya SMK Pusat Keunggulan, diharapkan mampu  menghasilkan lulusan yang kompeten, bisa terserap di dunia kerja, dan mampu berwirausaha maupun melanjutkan ke tingkat Pendidikan lebih tinggi.  Video peresmian bisa disaksikan melalui kanal youtube smk theresiana “Ruang Kita” dan Instagram Official @smktheresiana (red).

Penulis : Tim Humas SMK Theresiana