Sambut Awal Ramadhan 1443 H Tahun 2022 SMAN 4 Semarang Gelar Pengajian dan Khotmil Qur’an

Al-Qur’an merupakan kalamullah qadim yang tidak ada kebosanan untuk didengarkan yang disucikan dari ucapan, perbuatan dan kehendak.Khotmil Qur’an atau Khatam Qur’an adalah merupakan suatu tindakan/perilaku seseorang dalam menghafal juz/ayat-ayat suci Al-Qur’an baik surat maupun artinya. Tetapi orang khatam Al-Qur’an juga dituntut untuk bisa mengamalkan isi dari Al-Qur’an. Khotmil Qur’an bukanlah yang baru dan asing dikalangan umat Islam, hal ini pernah disinyalir Rosululloh SAW.

Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci ramadhan 1443 H/2022, SMA Negeri 4 Semarang menggelar kegiatan pengajian dan Khotmil Qur’an bertempat di.Masjid At Taqwa jalan karangrejo raya 12A, Kelurahan Srondol Wetan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Kamis 31 Maret 2022. Kegiatan khotmil qur’an diikuti guru dan karyawan SMA Negeri 4 Semarang.Meskipun kegiatan ini terlihat sederhana namun tidak mengurangi dari tujuan yang utama yakni memuliakan bulan suci Ramadhan.

Khotmil Qur’an dilaksanakan secara bersama dalam bacaan surat dari Alquran oleh ustad Nur Saifi, Ustad Salik Sabilallah serta Ustad Aunur Rofiq yang di tirukan serta disimak oleh bapak ibu guru serta karyawan yang mengikutinya.

Kepala SMA Negeri 4 Semarang, Dra.Wiji Eny Ngudi Rahayu,M.Pd dalam sambutannya menyampaikan ”Niat kita dalam khotmil quran, kita bersama sama untuk mencintai alqur’an karena kita tahu salah satu keutamaan membaca alquran menurut sabda Rosulullah SAW akan mendapatkan syafaat pada hari kiamat dan Alqur’an bisa menjadi saksi didepan Allah bahwasanya ketika kita hidup di dunia kita sering membacanya. Apalagi mengingat usia kita yang sudah tidak muda lagi, maka mari kita tambahkan dalam kehidupan kita dengan cinta Alqur’an”.

Pengajian dan khotmil Qur’an ini tidak hanya diikuti oleh guru dan karyawan saja, namun juga diikuti oleh guru yang telah purna tugas, mereka masih bersemangat untuk ikut serta dalam pengajian dan khotmil Qur’an tersebut

Lebih lanjut Eny menambahkan keutamaan membaca alqur’an salah satunya untuk mendapatkan pahala yang berlipat dari Allah SWT. Ini menjadikan semangat kita untuk menghiasi rumah dengan lantunan surah surah  Alqur’an dan meningkatkan kecintaan kita pada Alqur’an,” terangnya.

Usai sambutan, dilanjutkan dengan pengajian di masjid At Taqwa SMA Negeri 4 Semarang menghadirkan penceramah Ustad Muhammad Wahid dengan tema menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1443 H. Dalam Tausiyahnya Ustad Wahid menyampaikan bahwa dalam bulan ramadhan ada satu momentum yang luar biasa yaitu malam Lailatul Qodar. Lailatul qodar meskipun cuma satu malam tetapi melampaui seribu bulan atau kurang lebih 83 tahun,” ucapnya. Menurutnya kita harus bersyukur atas nikmat Allah SWT yang luar biasa. Maka jangan lupa kita di setiap saat maupun di setiap tempat jangan sampai lupa kita tetap bersholawat kepada baginda rosul Muhammad SAW.

Artikel dapat pula dibaca melalui link ini

Penulis : Anik Purwati, S.Pd (Waka Humas SMA Negeri 4 Semarang)