Uji Sertifikasi Kompetensi Pertanian bagi Warga Kab. Semarang di TUK SMK Negeri 1 Bawen

Pada tanggal 28-30 Maret 2022, Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura SMK Negeri 1 Bawen dipercaya sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) di Kabupaten Semarang dalam menyelenggarakan kegiatan Uji Sertifikasi Kompetensi (USK).
Kegiatan USK ini diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang bekerjasama dengan LSP Pertanian Nasional Malang. Peserta dalam kegiatan ini sekitar 70 warga Kabupaten Semarang yang notabene adalah calon lulusan SMK 2022.
Kegiatan USK dibuka oleh Kepala Dinas Kabupaten Semarang yang diwakili oleh Luluz Rahma, S.E. dan Ketua LSP Pertanian Nasional Malang, Drs. Surini Santoso, M.Si.
Tim penguji dalam kegiatan ini terdiri atas Taat Sutarso, S.TP, Darmana, S.P., dan Zubaedah Gesit Cahyati, S.P.
Kompetensi yang diujikan dalam skema ini meliputi penyemaian bibit secara hidroponik, persiapan nurtisi hidroponik, perawatan instalasi hidroponik, serta panen dan pascapanen sayuran hidroponik.
Manfaat yang bisa diperoleh dengan mengikuti USK ini adalah memperoleh sertifikat resmi dari LSP Pertanian Nasional Malang yang bisa digunakan sebagai nilai tambah kompetensi yang legal dan bisa digunakan untuk mendaftar pekerjaan baik di dalam maupun di luar negeri.

Nah Sobat SMK, tertarik kan mengikuti Uji Sertifikasi Kompetensi. Semoga tahun depan kalian juga mempunyai kesempatan untuk mengikuti USK ini ya!

Penulis : Tim humas SMKN 1 Bawen