SMK Negeri 1 Bawen Ikut Membagun Desa

SMK Negeri 1 Bawen mempunyai Program Pengabdian masyarakat yang oke punya lho yaitu SMK Mbangun Desa.

Program SMK Mbangun Desa ini merupakan salah satu program unggulan yang bertujuan untuk membantu masyarakat di sekitar SMK Negeri 1 Bawen dengan mengadakan pelatihan-pelatihan di bidang pertanian maupun pariwisata. Dengan program ini diharapkan akan tercipta hubungan yang harmonis antara pihak sekolah dengan masyarakat sekitar yang saling menguntungkan kedua belah pihak.

Seperti pada hari ini, Kamis tanggal 31 Maret 2022, Program Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura SMK Negeri 1 Bawen mengadakan pelatihan dengan warga masyarakat di sekitar Kelurahan Lodoyong yang diwakili oleh ibu-ibu PKK Pokja III dan perwakilan Karang Taruna. Pelatihan yang diberikan adalah Cara Menanam Sayuran dengan Metode Hidroponik. Hal ini disesuaikan dengan minimnya lahan pertanian di wilayah perkotaan. Dengan metode hidroponik, masyarakat bisa menanam sayuran sendiri di rumah tanpa harus mempunyai lahan pertanian yang luas.
Metode hidroponik juga merupakan program ketahanan pangan keluarga.

Selain menanam sayuran secara hidroponik, para warga juga dibekali ilmu tentang pembuatan eco enzim dengan memanfaatkan limbah sayuran rumah tangga. Sehingga kegiatan ini sedikit banyak akan mengurangi jumlah limbah rumah tangga dengan memanfaatkannya secara maksimal.

Nah Sobat SMK, tertarik dengan program ini?
Yukk ajak masyarakat sekitar kalian untuk menimba ilmu dengan SMK Negeri 1 Bawen melalui Program Mbangun Desa ya!