OSIS dan Pramuka SMAN 1 Bergas Bersinergi  Dalam Kegiatan Bakti Sosial Ke Panti Asuhan

Bakti sosial (baksos) merupakan wujud perilaku yang dilakukan atas dasar kesadaran dalam mewujudkan kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar. Bakti sosial SMAN 1 Bergas ke panti asuhan diharapkan dapat mempererat hubungan sekolah dengan lingkungan sekitar. Bakti sosial SMAN 1 Bergas dilaksanakan di dua panti asuhan yaitu Panti Asuhan Al-Muhibbin dan Yayasan Pondok Pesantren dan Panti Sosial Anak Daarul Aalimuun Attaqwa. Bakti sosial ini diikuti oleh anggota OSIS dan Pramuka serta Bapak dan Ibu Guru Pembina dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

Bakti sosial dilaksanakan pada Kamis, 31 Maret 2022. Bakti sosial di panti asuhan ini memiliki serangkaian acara kegiatan yaitu dimulai dari ceremony dan sambutan, pemberian donasi, edukasi pendidikan karakter, hingga membersihkan lingkungan sekitar panti asuhan. Bantuan secara materielpun diberikan tidak hanya dalam wujud uang dan sembako tetapi juga dalam bentuk seragam sekolah, alat tulis sekolah, dan buku. Dalam kegiatan baksos kali ini, OSIS dan Pramuka tidak hanya memberikan bantuan secara materiel tetapi juga morel. Mengingat sasaran penghuni panti asuhan yang masih duduk di bangku sekolah PAUD, SD, hingga SMP maka kegiatan inipun juga tak luput dari kegiatan bermain bersama. Contohnya yaitu kegiatan edukasi pendidikan karakter lewat gim, sehingga dapat memancing minat belajar anak melalui kegiatan yang menyenangkan. Bakti sosial ini diakhiri dengan kegiatan bersih-bersih lingkungan sekitar  dan makan bersama.

Baksos ini diharapkan bermanfaat bagi OSIS dan Pramuka  untuk mampu mengorganisasi anggota-anggotanya untuk bersama menyukseskan acara bakti sosial serta meningkatkan kepedulian dan belajar menumbuhkan sikap empati untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Untuk itu, kami sampaikan terima kasih kepada Bapak Supriyanto, S.Pd. selaku Kepala SMAN 1 Bergas yang telah memberikan dukungan dan motivasi dalam kegiatan ini. Semoga bermanfaat dan menjadi berkah untuk kita semua. Amin.

Penulis: Prisma Meita Mustika, S.Pd., M.Pd. (Guru SMAN 1 Bergas)