Mendidik Karakter Siswa melalui Pesantren Ramadhan

Banyak sekali kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan oleh umat muslim di saat bulan Ramadhan. Ya, salah satunya adalah pesantren Ramadhan. Kegiatan tersebut menjadi salah satu kegiatan rutin yang banyak diterapkan di sekolah-sekolah.

Rohis SMA Islam Hidayatullah (SMAHA) bekerjasama dengan ACT (Aksi Cepat Tanggap) mengadakan kegiatan pesantren Ramadhan. Kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap selama dua hari secara offline dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.  Untuk kelas X (sepuluh), pesantren dilaksanakan pada hari Rabu, 13 April 2022. Sedangkan untuk kelas XI (sebelas), pesantren dilaksanakan pada hari Kamis, 14 April 2022.

Peserta didik mengikuti kegiatan ini mulai dari pukul 08.00 sampai dengan 20.30. Banyak sekali rancangan kegiatan yang diikuti peserta didik, antara lain tilawah, khataman, kajian, sholat wajib berjamaah, buka bersama, sholat tarawih, dan games. Melalui kegiatan ini diharapkan peserta didik SMAHA menjadi lebih paham mengenai ilmu agama serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sesuai dengan tema kegiatan yaitu “Membumikan Ukhuwah, Melangitkan Ibadah,” Syeikh Shadi Fouad Faris Ashram dari Palestina hadir sebagai pendakwah di sesi kajian. Beliau menyampaikan betapa pentingnya kita menjaga ukhuwah. Beliau juga menceritakan betapa mirisnya keadaan saudara-saudara kita di Palestina. Untuk melaksanakan ibadah pun terkadang mengalami banyak kendala. Maka dari itu beliau mengajak kita untuk terus bersyukur kepada Allah Subhanahu Wa’Ta ala.

Di akhir sesi kajian, dilanjutkan sesi kuis antara Syeikh Shadi dengan peserta didik SMAHA. Beliau melontarkan beberapa pertanyaan terkait Islam. Para peserta didik pun sangat antusias untuk menjawab pertanyaan dari nya. Peserta didik yang berhasil menjawab pertanyaan, mendapatkan hadiah berupa syal langsung dari Syeikh Shadi.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan penyerahan penggalangan dana dari warga SMAHA untuk Palestina melalui organisasi kemanusiaan ACT. Semoga apa yang sedikit dari warga SMAHA ini menjadi manfaat yang besar untuk saudara kita di Palestina.

 

Penulis : Annisa Erwindani, S.Pd., Guru SMA Islam Hidayatullah

Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang