Kegiatan Pesantren Ramadhan 1443H SMK NU Suruh

Dalam mengisi Kegiatan bulan suci Ramadhan 1443H SMK NU Suruh Kab. Semarang, mengadakan Kegiatan Pesantren di Sekolah yang selama dua tahun terakhir tidak dilaksanakan karena kondisi Pandemi, kegiatan dilaksanakan selama 6 hari berturut turut dimulai dari tanggal 21 sampai tanggal 27 April yang diikuti bapak ibu guru dan semua siswa. Ragam Kegiatan Pesantren Ramadhan tahun ini selain diisi  kegiatan ceramah diantaranya tentang Sejarah Nabi Muhammad, penyusunan Alqur’an, Rukun Puasa Ramadhan yang disampaikan oleh Guru PAI Bapak Ahmad Turmudi, S.Ag dan Bapak Wifaqurrohman S.PdI. Juga yang utama dan dititikberatkan pada  kegiatan praktek ibadah sehari hari seperti Tadarus, tata cara sholat dan dzikir, Tahlil serta tuntunan praktek membaca sholawat Barzanji yang dilombakan antar kelompok dari perwakilan antar kelas.

Pada kegiatan pesantren kilat ini, juga melatih dan menumbuhkan agar para siswa yang merasa mampu untuk saling tolong menolong dan mempunyai jiwa sosial dimana para siswa  telah  mengumpulkan beras di sekolah yang dikoordinir oleh Pengurus OSIS. Beras yang terkumpul kemudian dibagikan kepada warga sekitar yang tidak mampu Kerjasama dengan pengurus RT setempat, juga tersampaikan ke Panti Asuhan.

Akhir kegiatan Rabu, 27 April 2022 Acara ditutup Pengajian yang diisi Ibu Pengawas PAI Kemenag Ibu Nur Solechah dan  Pembagian Hadiah Bagi Juara 1 – 3 dan juara Favorit penilaian Bpk Ibu Guru.

Dengan  kegiatan Pesantren ini diiharapkan dapat  membentuk Pelajar Pancasila yang mempunyai karakter kepribadian, penanaman nilai-nilai religi, kreatifitas, Kepemimpinan, gotong royong, keberanian tampil, toleransi dan menumbuhkan sikap untuk bersaing secara positif. Kegiatan Pesantren merupakan Penguatan amalan ibadah nyata beragama, sehingga menjadikan siswa berakhlaq mulia dan memberikan kesadaran bahwa pendidikan agama merupakan kebutuhan bagi setiap muslim khususnya para siswa.

Penulis : Ahmad Turmudi dan Wifaqurrohman, Guru PAI SMK NU Suruh