Gelar Karya Animasi SMKN 11 Semarang Wadah Merayakan Kemenangan

Rabu, 8 Juni 2022, saya sebagai guru mata pelajaran sketsa  bersama guru produktif animasi kelas X yaitu Pak Taufiqul (simulasi komunikasi digital), Bu Sudi Harzuni (dasar-dasar seni rupa dan dasar-dasar kreativitas) dan Pak Ronald Justice (Ketua Jurusan Animasi SMKN 11 Semarang) merasa bersyukur bisa membersamai anak-anak dalam presentasi karya project animasi untuk penilaian akhir semester. Dalam  kegiatan tersebut kami bukan menilai namun lebih berorientasi merayakan bersama atasa jerih payah yang dilakukan oleh anak-anak dalam membuat project untuk dipresentasikan di ruang mini teater ini. Sebuah kegiatan rutin yang mampu memantik siswa untuk produktif menghasilkan karya di bidang animasi.

Dalam kegiatan tersebut menggunakan mesin acak digital, terpilih siapa yang mendapatkan kesempatan presentasi. Dalam presentasi tersebut siswa memaparkan tentang film yang dibuat, sofware yang digunakan dan mengapa membuat film animasi tersebut. Dari hal yang paling sederhana ini, kami memberikan kesempatan siswa untuk melatih diri berbicara di depan umum, belajar untuk percaya diri dan mempertanggungjawabkan dari apa yang telah dibuatnya. Dari hasil presentasi ini, kami secara bergantian memberikan apresiasi, memberikan masukan untuk perbaikan sebagai bentuk feedback untuk melejitkan anak guna meningkatkan kualitas hasil. Film-film animasi tersebut diposting di youtube animax smk n 11 semarang sebelum dipresentasikan dan dipastikan sudah mendapatkan like dan subcribe dari teman-teman, sanak saudaranya. Mengapa dilakukan? Hal ini dilakukan sebagai bukti kecintaan siswa terhadap jurusan serta mencoba memasarkan karya yang telah dibuatnya. Like dan subcribe sebagai bukti penilaian dari pihak luar.  Setelah siswa mempresentasikan hasil karya film animasi, semua siswa yang mengikuti kegiatan ini mendapatkan kesempatan untuk memberikan penilaian secara digital melalui google form yang sudah diberikan di group. Lagi-lagi, kegiatan ini tidak beroerientasi memberi penilaian angka, namun lebih memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengapresiasi karya orang lain. Mengapresiasi merupakan salah satu cara untuk membiasakan anak-anak untuk menghargai karya orang lain.

Presentasi ini dilakukan oleh siswa secara menyenangkan. Meskipun awalnya agak tegang, namun setelah berjalan dan tidak ada komentar-komentar negatif, yang ada adalah memberikan penghargaan, kegiatan menjadi lebih menyenangkan. Inilah yang dapat kami lakukan untuk merayakan kemenangan siswa dalam membuat karya. Memberikan wadah presentasi, memberikan ruang untuk mempublish di media sosial merupakan sarana untuk membangkitkan potensi, menghargai karya dan melejitkan untuk membuat karya-karya yang lebih baik lagi. Menilai bukan sekedar angka, namun menilai yang sejati adalah mengantarkan anak untuk melejitkan potensi, memberikan feedback untuk mendorong agar terus berkarya dan memberikan ruang bagi anak untuk menampilkan karya-karya dengan rasa bangga yang justru akan meningkatkan kepercayaan diri. Menilai bukan menghakimi.
Semoga menginspirasi.

Link Youtube Gelar Karya: Klik disini
Penulis : Diyarko, SMKN 11 Semarang