Pertama Kali, 21 Produk Karya Siswa SMK Muhammadiyah 1 Semarang Dipamerkan

SEMARANG — SMK Muhammadiyah 1 Semarang mengadakan pameran gelar karya siswa dengan tema “Kreatifitas Tanpa Batas”. Acara diisi pameran 21 barang – jasa kelas X dan XI yang bertempat di area parkir sekolah. Kemudian, hasil karya siswa dinilai dari yang terbaik, terinovatif, dan terfavorit, Kamis (9/6/2022).

Kepala SMK Muhammadiyah 1 Semarang, Lukman Hakim mengatakan, kurikulum merdeka yang berpusat pada peserta didik dalam pembelajaran memakai projek base learning akan menghasilkan karya.

“Ini kegiatan pertama yang kita lakukan. Pernah ada pentas dan musik. Tapi tidak sebesar ini. Luar biasa sekali panitia, bapak-ibu guru, dan anak-anak. Ini sesuai kurikulum merdeka,” kata Lukman.

Pameran ini, merupakan bagian pembelajaran mata pelajaran (P5BK) Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja serta (PPK) Produk kreatif dan Kewirausahaan. Peserta didik kelas X dan XI berkelompok untuk membuat hasil karya berupa barang – jasa.

“Kita sebagai kurikulum percontohan harus always step ahead atau selalu selangkah lebih maju. Kedepannya, kita semakin lebih baik lagi,” imbuhnya.

Akhirnya, hasil pemenang pameran mata pelajaran P5BK yaitu X Animasi 1 kelompok 2/Komik, Poster, dan Gambar Digital (terbaik), X Akuntansi kelompok 3/Barang Daur Ulang (terinovatif), dan X Pemasaran kelompok 2/ Basreng(terfavorit). Sedangkan, hasil pemenang pameran mata pelajaran PKK yaitu XI Akuntansi kelompok 3/Rainbowsol (terbaik).