SINKRONISASI KURIKULUM KTSP DAN KOSP SMKN SATU ATAP TUNTANG DENGAN INDUKA  TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Pendidikan vokasi di Indonesia diharapkan dapat memberikan ilmu tentang pengetahuan, teknologi dan keterampilan vokasi pada peserta didik untuk menghadapi dunia kerja. Disadari belum sepenuhnya mutu lulusan SMK saat ini dapat menghantarkan mereka benar- benar menguasai kompetensi keahliannya dengan baik. Hal ini berdampak pada masalah terkait dengan keterserapan lulusan yang masih perlu ditingkatkan. Menyikapi hal tersebut, SMK Negeri Satu Atap Tuntang melaksanakan sinkronisasi kurikulum KTSP dan KOSP dengan Induka, yang dilaksanakan di SMKN Satu Atap Tuntang hari Selasa, 14 Juni 2022. Kegiatan ini bertujuan menyempurnakan pengembangan kurikulum yang selaras dengan dunia usaha dan dunia industri.

Pada kegiatan sinkronisasi kurikulum KTSP dan KOSP tahun ini, Induka yang menjadi perwakilan masing- masing jurusan adalah Ahhas Padmanaba Ampel sebagai perwakilan Induka Jurusan Teknik & Bisinis Sepeda Motor, Politeknik Bhakti Semesta sebagai perwakilan Induka Jurusan Teknik Komputer Jaringan dan PT. Hasnaqila Jaya Garment sebagai perwakilan Induka Jurusan Tata Busana

Ibu Mariati, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala SMKN Satu Atap Tuntang menyambut baik kegiatan Sinkronisasi kurikulum. “SMKN Satu Atap Tuntang berharap dengan adanya Sinkronisasi Kurikulum Induka dapat memberi masukan dan saran mengenai hal-hal yang dapat ditambahkan dalam KTSP dan KOSP di SMKN Satu Atap Tuntang. Kami juga berharap dengan adanya kegiatan ini, kami dapat menjalin kerjasama dengan induka seperti pelakasanaan Prakerin, magang guru hingga rekruitmen tenaga kerja,” ucap beliau. SMKN Satu Atap Tuntang terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan lulusan dengan terus bekerja sama dengan Induka.

 

Penulis : Anggita Fortuna Dewi, S.Pd., Guru SMKN Satu Atap Tuntang

Editor  : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN Satu Atap Tuntang