IHT SMAN 1 Tuntang Dalam Rangka Merespon IKM

Selasa, 21 Juni 2022 – SMA Negeri 1 Tuntang menyelenggarakan In House Training dengan tema ‘Penyusunan Program Implementasi Kurikulum Merdeka’. IHT yang dilaksanakan selama tiga hari adalah bentuk respon dari SMA Negeri 1 Tuntang dalam penerapan Kurikulum Merdeka yang telah dicanangkan pemerintah.

IHT ini diharapkan mampu menjadi sarana bagi seluruh guru SMA Negeri 1 Tuntang untuk memahami Implementasi Kurikulum Merdeka. Dalam acara ini, SMA Negeri 1  Tuntang mengundang beberapa pembicara, yaitu Pengawas SMA Cabang Dinas I, Guru Penggerak, Kepala Sekolah Penggerak, hingga ahli dari universitas. In House Training SMAN 1 Tuntang juga dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I, Sunarto, S.Pd., M.Pd.

Materi yang diberikan oleh para pembicara beragam, mulai dari pengalaman menjalankan Program Sekolah Penggerak, Implementasi Kurikulum hingga Penguatan Profil Pancasila. Kegiatan yang dilakukan selama tiga hari ini mendapatkan perhatian dan antusiasme yang sangat tinggi dari peserta IHT.

Kurikulum merupakan hal yang sangat dinamis dan perubahan pasti akan terjadi. Terhitung mulai 1950 Indonesia telah berganti kurikulum sebanyak sebelas kali, dari mulai kurikulum 1947 hingga Kurikulum Merdeka. Hal ini didasari dari manusia yang juga terus bergerak dinamis dan juga mengikuti perubahan zaman.

Kurikulum merdeka menitikberatkan pada pemberian hak belajar seluas-luasnya kepada para pendidik dan peserta didik, terlebih untuk mendesain pembelajaran yang sezaman. Hal ini turut mendapat sorotan dari Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I, Sunarto, S.Pd, M.Pd. Beliau menyebutkan bahwa perubahan pasti akan datang dan perubahan yang baik pasti akan didukung oleh semesta.

Kurikulum Merdeka mendorong pendidik untuk focus pada tema besar yaitu ‘pembelajar sepanjang hayat’. Proses belajar tidak hanya milik siswa semata namun guru juga harus terus belajar dan berproses mengikuti perubahan zaman. ‘’Mari sama-sama kita belajar dan menjadi penggerak gerbong besar Pendidikan di Indonesia, untuk Pendidikan yang lebih baik,’’ tutup Rr. Tri Widyastuti, S.Pd selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Tuntang.

Penulis : Humas SMAN 1 Tuntang