Sinergi SMAN 16 Semarang Menyongsong Kurikulum Merdeka

Pertengahan bulan Juni lalu  SMA Negeri 16 Semarang  menggelar IHT Review KTSP/KOSP untuk persiapan menyongsong kurikulum merdeka.  Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kacabdin Wilayah I, Bapak Sunarto, S.Pd. M.Pd, pengawas SMAN Bapak S. Panca Mulyadi, S.Pd. M.Pd., segenap jajaran Komite Sekolah dan seluruh guru karyawan, serta dihadiri oleh segenap pemangku kepentingan pendidikan bertempat di aula kelas.

IHT Review KTSP/KOSP SMA Negeri 16 Semarang dilaksanakan selama dua hari dengan tahapan sebagai berikut :

  1. Hari Pertama, 21 Juni 2022 : pembukaan-review KTSP/KOSP-penetapan tema Projek Profil Pancasila.
  2. Hari kedua, 22 Juni 2022 : regulasi episode IKM-revisi dan penyempurnaan perangkat Pembelajaran- finalisasi perangkat pembelajaran, diakhiri dengan finalisasi KTSP/KOSP.

Pada kesempatan ini Kepala Sekolah Ibu Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd, menyampaikan ucapan terima kasih atas kolaborasi dan dedikasi semua pihak dalam memajukan pendidikan dan prestasi  di SMAN Negeri 16 Semarang. “Ke depannya kami akan membentuk sanggar seni budaya sesuai dengan brand sekolah BERKREASI,”ungkap beliau pada saat paparan profil sekolah. Keceriaan mengalir saat pagelaran seni siswa yakni tari Semarang Hebat dan akustik lagu tema Branded School “ BERKREASI” yang disajikan secara apik oleh siswa siswi kelas X dan XI.

Apresiasi  diberikan pula  kepada ibu Yunik Ekowati, S.Pd., M.Pd. dan bapak Setyo Haryono, S.Pd., M.Pd. sebagai pencipta dan pembimbingnya.

Sambutan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I oleh bapak Sunarto, S.Pd., M.Pd. menjadi momen yang sangat dinanti oleh segenap peserta IHT. Beliau  meyampaikan salam, syukur, ucapan terima kasih atas lingkungan bersih dan guru-gurunya yang ramah. Sembari memperkenalkan diri, beliau memberikan motivasi dan edukasi pengalamannya sejak menjadi guru hingga amanah jabatan pada saat ini. “Jangan hanya menjadi pegawai 0704,  maksudnya presensi  jam 07.00 datang dan presensi jam 04.00 sore pulang, Justru disela jam 07 sampai jam 04 sore tidak ada di tempat,” tegasnya terkait pembinaan pegawai.

Penulis : Sunarno, S.Pd. – Waka Kurikulum.
Penyunting Rahna Kalipasa, A.Md. – Plt Kasubag TU SMAN 16 Semarang