SISWA SMKN H. MOENADI MENJUARAI KOMPETISI LITERASI & NUMERASI TINGKAT NASIONAL TAHUN 2022

SMK Negeri H. Moenadi Ungaran akhirnya menorehkan prestasi bagi Jawa Tengah. Hal ini dikarenakan pada tanggal 8 Juli 2022 lalu, diumumkan hasil Kompetisi Literasi Numerasi Tingkat Nasional Tahun 2022, dan juara 1 (satu) mata pelajaran Matematika yang diraih oleh  Catherine Natalia Rositasari, peserta didik kelas XI (sebelas) SMKN H. Moenadi Ungaran. Kompetisi ini diikuti oleh sebanyak 1.632 peserta dari SMK se-Indonesia untuk mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Dengan pendampingan dari guru Matematika, Ibu Wendy Puspitasari, S.Si., Catherine berhasil masuk babak final dan bersaing dengan sebanyak 18 (delapan belas) siswa SMK. Kompetisi ini sepenuhnya diselenggarakan dalam bentuk daring atau online, berbasis Computer Based Test (CBT) dan menggunakan platform PesonaEdu A-Class. Soal yang diujikan dalam kompetisi ini adalah penguasaan literasi dan numerasi, yang tidak terbatas pada mata pelajaran tertentu, sedangkan jenis soal tersebut mengacu kepada standar AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) yang bersifat HOTS (High Order Thinking Skill). Soal yang digunakan dalam kompetisi ditulis secara khusus oleh tim penulis dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan MGMP SMP, SMA, dan SMK DKI Jakarta.  Validasi soal dan penjurian dilakukan oleh para dosen dan pakar pendidikan Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

“Dengan persiapan yang cukup dan ketekunan peserta lomba beserta pendamping, akhirnya Catherine sebagai delegasi dari SMKN H. Moenadi Ungaran berhasil menjadi juara 1 (satu). Sebuah kebanggaan bagi kami karena bisa menyiapkan pembimbingan bagi siswa dan guru yang mempunyai potensi untuk diasah dan dikembangkan. Sehingga mampu mengangkat nama baik SMKN H. Moenadi Ungaran.” Demikian disampaikan Kepala SMKN H. Moenadi Ungaran, Ibu Imroatul Azizah, S.Pd., M.Si dalam acara apel pagi dan penyerahan bintang kebaikan bagi Catherine Natalia Rositasari.

 

Penulis      : Wendy Puspitasari, S.Si., Guru SMKN H. Moenadi

Editor        : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN Satu Atap Tuntang