Penyuluhan SIP di SMKN Satu Atap Tuntang

Kamis, 28 Juli 2022, menjadi salah satu hari yang spesial bagi SMK Negeri Satu Atap Tuntang. Hal ini dikarenakan, SMKN Satu Atap Tuntang kedatangan tamu dari Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Pusat Pendidikan Pembinaan Masyarakat. Beliau-beliau adalah 21 (dua puluh satu) peserta didik datang untuk menyelenggarakan Program Pendidikan Sekolah Inspektur Polisi (SIP) angkatan ke-51, tahun pelajaran 2022 Resimen Satya Intar Adinata Pratapa.

Dalam kegiatan tersebut, dilaksanakanlah praktek penyuluhan Hukum dan Kamtibnas kepada 75 (tujuh puluh lima) siswa dengan mengusung tema tentang Narkoba, Kenakalan Remaja, Tawuran Pelajar, Radikalisme, Pelecehan Seksual dan Vandalisme. Praktek penyuluhan tersebut masuk pada mata pelajaran Fungsi Teknis Bimas. Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.00 WIB, selain sangat seru juga dapat meningkatkan awareness siswa SMKN Satu Atap Tuntang tentang tema yang diangkat.

“Kami sangat berterima kasih atas penyuluhan yang dilaksanakan oleh peserta didik SIP angkatan ke-51. Penyuluhan tersebut sangat bermanfaat bagi siswa-siswi SMKN Satu Atap Tuntang. Serta dapat memberikan pemahaman yang jelas terkait bahaya narkoba, radikalisme, pelecehan seksual dan vandalisme,” kata Nurul Rahmawati, M.Pd., Waka Kesiswaan SMKN Satu Atap Tuntang.

Hal senada juga disampaikan oleh Iqna Sania Abin, siswi kelas X (sepuluh) Busana, yang turut serta mengikuti penyuluhan Hukum dan Kamtibnas. “Kegiatan penyuluhan hari ini sangat penting bagi kami. Kami menjadi lebih waspada dengan hal-hal negatif di sekitar. Semoga kita semua terhindar dari bahaya narkoba, kenakalan remaja dan tawuran pelajar,” kata Iqna Sania Abin.

Menurut salah satu peserta didik SIP angkatan ke-51 Bataliyon VII peleton 2C kegiatan ini sangat bermanfaat. “Kegiatan penyuluhan yang kami laksanakan sangat bermanfaat bagi adik-adik generasi penerus bangsa. Serta bertujuan agar tidak terjerumus oleh kenakalan remaja yang dapat menyebabkan rusaknya mental masa depan anak bangsa sebagai penerus kita nantinya,” ungkap Hernawan Dewatana, S.H., M.H.

Penulis: Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN Satu Atap Tuntang