SMAN 11 Semarang Bentuk Karakter Generasi Muda  Melalui Gerakan Pramuka dan Perkemahan

Semarang – Sedikitnya 504 peserta didik atau sebanyak total 14 rombongan belajar peserta didik kelas X (sepuluh) SMA Negeri 11 Semarang mengikuti kegiatan Pramuka dan Kemah Penerimaan Tamu Ambalan Gerakan Pramuka Gugus Depan 11.079 – 11.080 Pangkalan SMAN 11 Semarang. Kegiatan dipusatkan di Lapangan utama SMAN 11 Semarang di jalan Lamper Tengah, Semarang Selatan. “Tema yang diusung dalam kegiatan kemah ini yaitu serentak membangun karakter generasi muda khususnya mengenai pentingnya sopan santun dan tanggung jawab,” papar Ketua Panitia Uki Tri Madani, S.Pd Gr., pada Jumat 5 Agustus 2022.

Ibu Rr. Tri Widiyastuti, S.Pd. selaku Kepala SMAN 11 Semarang dalam sambutan dan arahannya, menyampaikan terima kasih dan sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan kakak-kakak pembina serta ambalan pangkalan SMAN 11 Semarang, dengan dipandegani oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan yaitu Bapak M. Noor Wachid Affandi, S.Kom. “Pramuka merupakan wahana pembentukan karakter siswa, karena dalam Pramuka siswa dilatih kepemimpinan, kerja sama, solidaritas, mandiri, dan keberanian. Harapan saya dalam kegiatan kemah penerimaan tamu ambalan ini dapat dilakukan semenarik mungkin dan mampu membangun kecerdasan siswa pada ranah afektif (sikap), sehingga siswa akan mampu menunjukkan dalam kesehariannya karakter atau pribadi yang positif,” ungkap Ibu Rr. Tri Widiyastuti, S.Pd.

Uki Tri Madani, S.Pd Gr., selaku ketua panitia mengungkapkan, kegiatan ini terlaksana dengan baik berkat kerjasama dan koordinasi yang matang dari kakak-kakak pembina pramuka baik dari dalam maupun dari luar, seluruh Ambalan Manggala Bhakti serta dukungan penuh dari bapak ibu panitia dan wali kelas yang terlibat. “Seusai sesi acara api unggun, pertunjukan musik akustik dan pentas seni juga dihadirkan untuk dapat melatih kreativitas siswa. Esok harinya kita juga memberikan materi mengenai kepramukaan tingkat penegak dan pembentukan karakter tentang pentingnya sopan santun dan tanggung jawab. Tidak hanya itu, out bond untuk membuat acara semakin menarik dan mengembangkan kekompakan antar siswa pun juga dilakukan,” imbuhnya.

Kegiatan pramuka ini, kata Achmad Muchid, S.Pd. yang juga merupakan salah satu Pembina Pramuka SMAN 11 Semarang mengungkapkan bahwa melalui pramuka dan kemah dapat mendidik kerakter, keagamaan dan nasionalisme pada generasi muda khususnya peserta didik SMAN 11 Semarang. Salah seorang siswa bernama Evita Safitri dari kelas X-11, mengaku banyak mendapatkan pengalaman bermakna dan sangat senang saat mengikuti kemah ini. Terutama kaitan materi dan segala kegiatan yang diberikan sebagai wahana pembentukan karakter yang baik.

Penulis          : Johan Tri Bayuntoro, S.Pd., M.Pd., Guru SMAN 11 Semarang

Editor            : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang