MKKS Jakarta Pusat Melaksanakan Studi Komparasi ke SMKN 6 Semarang

SemarangSMK Negeri 6 Semarang menjadi tujuan studi komparasi dari Paguyuban Kepala Sekolah Jakarta Pusat 2 pada hari Jumat, 12 Agustus 2022. Paguyuban ini terdiri dari Kepala Sekolah Negeri dan Swasta dari Suku Dinas Pendidikan Wilayah 2 Jakarta Pusat (Sudin Jakpus 2) yang terdiri dari 7 sekolah negeri dan 19 sekolah swasta. Selain kepala sekolah, kegiatan ini juga diikuti oleh Pengawas SMK Sudin Jakpus 2.

Studi komparasi ini dimaksudkan utuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum merdeka dan penerapan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) di SMKN 6 Semarang. Dalam paparannya, Dra. Almiati, M.Si. selaku kepala SMKN 6 Semarang menjelaskan penerapan P5 diawali dengan dibentuknya koordinator-koordinator P5 yang kemudian membentuk sebuah kesepakatan tentang bentuk kegiatan seperti apa yang akan dilaksanakan. “Penerapan P5 di SMKN 6 Semarang diawali dengan pembentukan koordinator-koordinator yang kemudian berembug untuk menentukan kegiatan P5, salah satu kegiatannya dengan menggabungkan semua kompetensi keahlian dalam satu kegiatan,” ungkapnya.

Febriantoni, M.Pd. selaku ketua paguyuban menyambut dengan antusias paparan yang telah disampaikan. “SMKN 6 Semarang luar biasa melakukan kegiatan inofatif dengan menyatukan 4 (empat) jurusan dalam satu kegiatan, hal ini nanti yang bisa kami contoh,” tuturnya.

Hadir pula Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 1 Jawa Tengah Bapak Sunarto, S.Pd., M.Pd., Kasubbag TU Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 1 Jawa Tengah Ibu Angky Mayang S., S.Psi., M.Si. serta Kepala Bidang BKD Jawa Tengah Ibu Raden Rara Utami Rahajeng, S.H., M.M.

Sunarto menyampaikan bahwa SMKN 6 Semarang termasuk salah satu sekolah yang telah memberikan warna kepada masyarakat untuk mengupgrade kemampuannya. “SMKN 6 Semarang sudah memberikan warna dengan mengundang lurah untuk mengupgrade kemampuan masyarakat, serta layanannya tidak hanya sekedar siswa tetapi juga warga,” terangnya.

Dipaparkan pula berbagai kegiatan penerapan P5 dan implementasi kurikulum merdeka yang telah dilaksanakan oleh SMKN 6 Semarang. Di antaranya adalah Gerakan Mandiri SMK Mbangun Desa, Kelas Industri Horison (KIH), Outing Class ke Perkebunan di Gunungpati, Outing Class ke Virgin Bakery dan beberapa kegiatan Implementasi Kurikulum Merdeka lainnya. Semoga kunjungan yang telah dilaksanakan dapat menularkan energi positif bagi semua.

 

Penulis           : Humas SMKN 6 Semarang

Editor             : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang