SMKN 3 Semarang Makin Mantap Implementasikan Link & Match Bersama PT. Westpex dan PT Wika Gedung

Semarang-Jakarta, 22 – 23 Agustus 2022 – Berdasarkan Surat Perjanjian Kerja Sama antara Pejabat Pembuat Komitmen Bidang Tata Kelola Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan Dirjen Pendidikan Vokasi Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi dan Kepala SMK Negeri 3 Semarang; Nomor : 3371/D2/KU.03.00/2022; Tentang Bantuan Pengembangan Lanjutan SMK Pusat Keunggulan Skema Pemadanan Dukungan Prioritas Sektor Pemesinan dan Konstruksi, salah satu programnya adalah Implementasi Link & Match. SMKN 3 Semarang mengagendakan kunjungan untuk program link & match tersebut di dua tempat, yaitu PT. Westpex Bojong Lapas, pusat pelatihan mata lomba LKS plumbing & heating dan PT. Wika Gedung, khususnya pabrik pembuatan inovasi modular sistem di Jakarta.

Kegiatan link & match diikuti oleh 26 peserta dari SMKN 3 Semarang yang terdiri dari tim manajemen, Ketua LSP-P1, Ketua Program Keahlian, dan Guru Teknik Konstruksi dan Perumahan beserta siswa yang dipimpin langsung oleh Ibu Kepala SMKN 3 Semarang, Dra. Ummi Rosydiana, M.Par. Kegiatan hari pertama diawali dengan kunjungan pertama ke PT. Wika Gedung di daerah Cielungsi, Kabupaten Bogor. Rombongan disambut hangat oleh tim dan manajemen PT Wika Gedung. Kunjungan ke PT. Wika Gedung bertujuan menyamakan persepsi, link & match dan inovasi apa yang sedang berkembang khususnya pada bidang konstruksi sehingga lulusan SMK mampu tune in dengan cepat ketika memasuki dunia kerja. Paparan pertama mengulas tentang inovasi unggulan teknologi Modular Bangunan Prefabricated Prefinished Volumetric Construction (PPVC) yang disampaikan oleh Bapak Idi Nugraha selaku manajer pabrik. Paparan kedua membahas perkembangan dan penggunaan sistem BIM (Building Information Modeling) yang selaras dengan kampanye Industri 4.0 oleh Bapak Dika Ananditya selaku structure engineer dari divisi R&D. Giat link & match ditutup dengan kunjungan lapangan untuk melihat langsung produk mock up modular sistem konstruksi gedung. Menginjak sore pukul 14.00 WIB rombongan bertolak ke Jakarta untuk beristirahat.

Hari kedua, kunjungan dilanjutkan ke PT Westpex Bojong Lapas di daerah Jakarta Utara. Rombongan disambut hangat oleh tim dan manajemen PT. Westpex yang diwakili oleh Bapak Gatot Suherman, S.St. Kunjungan hari kedua berlangsung mencair, rombongan SMKN 3 Semarang diberi penjelasan ringkas dan padat terkait produk PT. Westpex yang selama ini menjadi partner giat LKS Nasional di mata lomba Plumbing & Heating. Menjadi kebanggaan tersendiri dari PT. Westpex yang selalu dipercaya menjadi Juri pada mata lomba tersebut yang diwakilkan oleh Bapak Gatot. Sharing knowledge terasa kental, beberapa produk dan inovasi joint pipa yang menjadi unggulan dari PT. Westpex didemonstrasikan, nampak rombongan dari SMKN 3 Semarang sangat antusias dan beberapa kali memberikan pertanyaan balik. Giat hari kedua di PT. Westpex Bojong Lapas menjadi agenda penutup dari serangkaian kunjungan program link & match bersama DUDIKA. Semoga adanya program link & match semakin meningkatkan relevansi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan kebutuhan dunia kerja, dunia usaha serta dunia industri khususnya. Menginjak sore hari pukul 15.00 WIB rombongan bergerak menuju Semarang dan giat hari kedua berakhir. SMKN 3 Jitu !

Penulis : Humas SMKN 3 Semarang