Penyelarasan Kurikulum SMKN 4 Semarang dengan Panasonic Gobel Group

Bertempat di aula SMKN 4 Semarang tanggal 1 september 2022 hari kamis di Aula SMKN 4 Semarang jalan Pandanaran 2 No 7 Semarang berlangsung kegiatan workshop penyelarasan kurikulum dengan Panasonic Group.

Deni Setiawan selaku kepala cabang Panasonic bersama-sama sharing dengan guru SMKN 4 Semarang yang akan segera lounching kelas indutri Panasonic sejumlah 40 guru antusias mengikuti kegiatan ini.Bearawal dari karakter, budaya industry/perusahaan Panasonic yaitu :

Falsafah (Pohon Pisang dan Air Mengalir) Falsafah Pohon Pisang “SEMUA BAGIAN yang ada pada dirinya, BERMANFAAT … mulai dari akar, batang, daun dan jantung, semua berguna bagi manusia, makhluk hidup lain serta alam sekitarnya, serta senantiasa hidup BERKELOMPOK dan melakukan REGENERASI.

Falsafah Air Mengalir : misi dari seorang industriawan adalah menyediakan produk yang berguna bagi kehidupan dengan jumlah yang banyak seperti air keran yang mengalir. Tidak peduli berapa berharganya produk tersebut, jika disediakan dalam JUMLAH YANG CUKUP, dan HARGA YANG LAYAK, maka kehidupan semua orang akan membaik”

Sinkronisasi kurikulum hari ini ditegaskan beliau bahwa penerapan 5R (Ringkas,Rapih,Resik,Rawat,Rajin) atau 5S dalam Bahasa jepang (Seiri, Seiton,Seiso,Seiketsu,Shitsuke) medasari budaya kerja industry yang nanti implelemtasi dalam budaya kerja sekolah.

Sinkronisasi kurikulum Panasonic Gobel Grup mencakup elemen Teknik DAsar Pendingin, Teknik DAsar Pendingin pada Air Conditioner (AC) dan Pengenalan Refrigen R32, Teknik dan Prosedur Instalasi AC Splite, Teknik Perawatan AC Spilte, Teknik Perbaikan AC, Teknik Brazing, materi tersebut merupakan materi utama dalam opendingin dan bisa di kolaborasikan dengan pembelajaran di sekolah.

Dengan berjalannya kelas industry Panasonic diharapkan mampu menghasilkan wirausahawan muda dibidang tata udara yang semakin banyak dibutuhkan saat ini di kota-kota besar serta dapat mengembangkannya sebagai model pembelajaran teaching factory sehingga siswa mampu mandiri .  

Baca juga di :

https://www.smk4smg.sch.id

https://www.pdkjateng.go.id/p/berita

Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubin SMKN 4 Semarang)

Editor : Nenden Oktafia, S. Kom