Semangat 3M dan 1T dalam workshop Sinkronisasi Kurikulum SMKN 4 Semarang

Bertempat di Aula SMKN 4 Semarang tanggal 1 September 2022, hari kamis berlangsung workshop Sinkronisasi Kurikulum dalam rangkaian acara Kegiatan non fisik SMK PK Pemadanan. Acara berlangsung dari pukul 08.00 sd 15.00 WIB dengan menampilkan 2 narasumber yaitu dari kepala Seksi SMK Cabdindikwil 1 Propinsi Jawa Tengah, Andang Fitriadi,S.E,.M,Si. Serta narasumber dari industry yaitu Kepala Cabang Servis Center Panasonic Semarang, Deni Setiawan, dihadiri oleh 40 peserta internal SMKN 4 Semarang.

Dalam sambutannya beliau Bapak Andang Fitriadi S.E,M.Si sangat mengapresiasi kegiatan sinkron kurikulum industry ini sekaligus menyatakan SMK yang sebenarnya adalah SMK yang berkolaborasi dengan industry, khususnya akan dilounchingnya kelas industry Panasonic. Dengan semangat 3M dan 1 T yaitu Merefleksi, Menginspirasi dan memotivasi serta terus menerus (continuos improvement) menjadi semangat dalam mengimbaskan semangat smk kepada lingkungan sekitar.

Tantangan dunia yang terus berubah antaralain otomasi/digitalisasi, Globalisasi International, Kolaborasi/flexibility, sedangkan tantangan masa depan pendidikan adalah mengubah mindset baru pengelolaan sekolah dan mengubah cara bekerja dan orientasi kerja generasi muda. Perlu ada solusi komprehensif untuk menjawab tantangan dalam rangka pembenahan kondisi SMK sejalan dengan kebuthan dunia kerja. Bentuk keselarasan mendalam dan menyeluruh SMK dengan Dunai kerja telah dilakukan SMKN 4 Semarang dengan program 8 plus I dengan salahsatunya adalah kurikulum telah di superlink dan super match dengan industry mitra. Bentuk komitem Kemitraan SMK dengan Dudika dituangkan dalam MoU ( Memorandum of Understanding) dan PKS (Perjanjian Kerjasama).

Kasie SMK Cabdin 1 propinsi Jawa Tengah juga menegaskan tujuan penyelarasan adalah menyesuaikan kurikulum SMK dengan tuntutan Industri baik mencakup kompetensi maupun budaya kerja agar kurikulum SMK sesuai dengan yang dibutuhkan dunia kerja.

Kalimat penutup beliau untuk kegiatan workshop sinkronisasi kurikulum ini adalah SMKN 4 Semarang kepala sekolahnya hebat, guru dan karyawannya hebat, siswa siswinya hebat serta sekolahannya hebat. Kalimat penyemangat yang akan kami ingat sebagai motivasi membangun sekolah ini adalah pekerjaan akan selesai jika diserahkan pada orang-orang sibuk, orang tidak akan tahu seberapa keras anda bekerja, tetapi orang akan menilai seberapa anda berhasil, kegemilangan masa depan hanya akan diperoleh dari prestasi terbaik hari ini.

 

 

Baca juga di :

https://www.smk4smg.sch.id 

https://www.pdkjateng.go.id/p/berita 

Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubin SMKN 4 Semarang) 

Editor : Nenden Oktafia, S. Kom