SMKN 2 Semarang Melakukan Kegiatan Outing Class dalam Rangka Pelaksanaan P5

P5 atau Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan salah satu kegiatan dalam pembelajaran kurikulum merdeka. Dalam hal ini SMK Negeri 2 Semarang melaksanakan tema pertama, yaitu gaya hidup berkelanjutan. Tema ini mengusung topik 3R, yaitu Reduce, Reuse, Recycle yang bertujuan untuk memanfaatkan dan mengurangi limbah baik organik maupun anorganik. Outing class merupakan salah satu media yang efektif dalam penyampaian pengetahuan sehingga peserta didik tidak hanya belajar dari teori saja, melainkan mendekatkan peserta didik dengan melihat keadaan lingkungan yang sesungguhnya. Melalui kegiatan tersebut peserta didik lebih mudah memahami materi yang ingin disampaikan bapak atau ibu guru.

Berdasarkan latar belakang tersebut, SMKN 2 Semarang mengadakan kegiatan berupa kunjungan ke TPA Jatibarang, Waduk Jatibarang dan Kota Lama Semarang yang diikuti oleh 432 peserta didik kelas X (sepuluh), pada Rabu, 28 September 2022. Jadwal pertama peserta didik berkunjung di TPA Jatibarang, mereka mengamati jenis-jenis sampah yang dihasilkan dari masyarakat. Kegiatan berlanjut dengan mengamati lingkungan di sekitar Waduk Jatibarang dan berakhir di lingkungan sekitar Kota Lama. Di waduk dan area kota lama, peserta didik mengamati 8 aspek bagian dari eco maping, di antaranya peta umum, keanekaragaman hayati, tanah, air, udara, limbah/sampah, energi dan resiko.

Ibu Wati, salah satu guru tim P5, menuturkan bahwa dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan peserta didik dapat peduli terhadap lingkungan khususnya sampah. Serta turut berpartisipasi dalam pengolahan limbah untuk menjaga kelestarian lingkungan dan dapat memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai.

 

Penulis          : Adinda Erdiana, S.Pd., Guru SMKN 2 Semarang

Editor  1        : Tim Sosmed SMKN 2 Semarang

Editor 2         : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang