PERJUSA SMAN 3 SEMARANG, FUN DAN EDUKATIF

Sebagai bagian dari Mata Pelajaran Wajib dalm Kurikulum 2013, Pramuka dijadikan KBM untuk siswa kelas X, XI dan XII. Karena tatap muka mingguan sudah diterapkan untuk kelas X dan XI, maka kelas XII SMA Negeri 3 Semarang menggunakan sistim blok yaitu Perkemahan Jumat Sabtu atau PERJUSA, yang bertempat di lingkungan SMAN 3 Semarang. Kegiatan berlangsung dengan atmosfir yang lebih fun namun tetap edukatif.

Kepala SMAN 3 Semarang, Drs. Yuwana, M.Kom. membuka secara resmi PERJUSA pada hari Jumat, 30 September 2022. Kegiatan yang diikuti oleh 400 siswa kelas XII, 6 guru pembina pramuka serta para wali kelas tersebut wajib diikuti semua siswa kelas XII. Siswa yang berhalangan hadir maka harus menggantinya dengan mengikuti kegiatan pramuka mingguan dengan jumlah jam setara.

Dalam sambutannya Kepala SMAN 3 Semarang menekankan pentingnya pembinaan pramuka sebagai salah satu candra dimulakanya para pemimpin bangsa di masa depan. “Jika kalian ingin menjadi pemimpin Indonesia dan menjadi orang-orang yang terlibat dalam pembangunan Indonesia 5 sampai 10 tahun mendatang, maka di sinilah salah satu tempat menempa diri kalian. Teruslah pupuk jiwa kepemimpinan, disiplin dan tanggung jawab. Hal tersebut merupakan karakter yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin.”

Sesuai dengan namanya, PERJUSA, kegiatan perkemahan ini ditutup pada hari Sabtu, 1 Oktober 2022 oleh Waka Kesiswaan, Dra. Endang Widyatuti, M.Pd. Mewakili Kepala Sekolah, beliau menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada para siswa yang sudah menyelesaikan kegiatan dengan lancar dan dalam keadaan sehat walafiat. Kepada para Kakak Pembina diucapkan penghargaan atas suksesnya kegiatan dengan pendampingan yang luar biasa. Smaga Spectacular!

 

Penulis : Humas SMAN 3 Semarang

Editor   : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang