HARI BATIK NASIONAL: SMK BINA NUSANTARA SEMARANG GELAR FASHION SHOW

Memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2022, SMK Bina Nusantara Semarang merayakannya dengan event Fashion Show antar kelas. “Indonesia Batik Heritage 2022” di SMK Bina Nusantara Semarang  menggelar beberapa  koleksi Batik terbaru mulai dari outfit Batik karya jurusan Tata Busana hingga ragam batik dan aksesoris Batik dari beberapa perwakilan kelas.

“Selain memperingati hari batik nasional, tujuan kegiatan fashion show adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik. Selain itu juga untuk memberi kebanggaan karena busana yang diperagakan merupakan batik hasil karya peserta didik SMK Bina Nusantara Semarang dan batik kreatifitas antar kelas,” jelas Kepala SMK Bina Nusantara, Ari Dwi Handoko, S.Pd.

Fashion show diawali dengan sajian Tari Semarangan yang dimeriahkan oleh peserta didik dari ekstra kulikuler tari. Sementara itu, banyak doorprize disiapkan bagi peserta didik yang beruntung. Guna memikat semangat peserta didik dalam acara fashion show hari batik nasional.

“Sebuah kebanggaan bagi kami dapat menghadirkan koleksi batik terbaru jurusan Tata Busana. Sebagaimana kita tahu Batik menjadi identitas Indonesia yang telah diakui dunia. Dengan adanya kegiatan ini, kami ingin meningkatkan rasa bangga antar generasi untuk terus melestarikan Batik dan mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar Soimatun, S.Pd selaku Ketua Jurusan Tata Busana.

Salah satu siswi SMK Bina Nusantara Semarang, Dhia Falah, mengaku bangga bisa memperagakan batik terbaru hasil karya peserta didik jurusan Tata Busana SMK Bina Nusantara Semarang. Baginya, tampil dengan mengenakan batik untuk fashion show merupakan pengalaman pertama yang berkesan.

 

Penulis : Kafidatul Islamiyah, Guru SMK Bina Nusantara Semarang

Editor  : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang