Meriah! STEMGA Creative Space 2022 : Implementasi P5 Kurikulum Merdeka

Mengutip dari  kurikulum.kemdikbud.go.id, P5 atau Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila itu sendiri ialah projek lintas disiplin ilmu yang kontekstual dan berbasis pada kebutuhan masyarakat atau permasalahan di lingkungan satuan pendidikan. Sehingga dengan adanya P5 dalam Kurikulum Merdeka ini nantinya diharapkan setiap individu peserta didik memiliki karakter dan kemampuan yang dibangun dalam keseharian dan dihidupkan dalam diri setiap peserta didik.

Upaya penerapan P5 dalam Kurikulum Merdeka ini dapat dilakukan dengan berbagai contoh penerapan seperti budaya satuan pendidikan, pembelajaran interkulikuler, dan ekstrakulikuler. Sedangkan dalam penerapan atau implementasinya, P5 dapat diterapkan dalam pembelajaran di sekolah dengan atau secara fleksibel baik dari segi kegiatan dan waktu pelaksanaan.

Stemga Creative Space yang dimotori oleh UNNES Lantip 2 merupakan aktualiasasi P5 di lingkungan SMKN 3 Semarang. Kegiatan yang mengusung tema “Tingkatkan Kreativitas, Inovasi Tanpa Batas” diikuti oleh seluruh civitas SMKN 3 Semarang. Turut dimeriahkan berbagai macam atraksi panggung dan perfomance siswa/siswi yang mengikuti kegiatan Intrakurikuler maupun Ekstrakurikuler, Bazar KWU, stand makanan, pentas seni dan olahraga serta pameran karya siswa/siswi SMKN 3 Semarang. Kegiatan berlangsung meriah dan tetap dalam prokes yang ketat. SMKN 3 Jitu!

Penulis : Humas SMKN 3 Semarang