Kunjungan  Direktur SMK Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemendikbud Ristek di SMK Muhammadiyah Suruh

Pada Jumat, 14 Oktober 2022, SMK Muhammadiyah Suruh menyelenggarakan rangkaian kegiatan SMK Pusat Keunggulan yakni Workshop Perubahan Mindset Pengelolaan SMK di Era Kemajuan Teknologi digital. Kegiatan dihadiri oleh Bapak Dr. Wardani Sugiyanto, M.Pd. selaku Direktur SMK Dirjen Vokasi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi. Dalam acara tersebut hadir pula Kacabdin Wilayah 1 Provinsi Jawa Tengah, yang diwakilkan pengawas pembina Bapak Subagiyo Santosa, S.Pd., M.Pd. beserta Bapak Supriyanto, SP., ketua dan seluruh anggota MKKS SMK se-Kabupaten Semarang, serta sejumlah tamu undangan dari unsur Persarikatan Muhammadiyah PCM  Suruh.

SMK Muhammadiyah Suruh sebagai salah satu dari sekian sekolah menengah kejuruan yang dipercaya oleh Kemendikbudristek sebagai SMK Pusat Keunggulan di Kabupaten Semarang di kelompok Program Kerjasama Luar Negeri, kompetensi yang diunggulkan adalah Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Dalam sambutannya, Bapak Dr. Wardani Sugiyanto, M.Pd. menyampaikan bahwa tantangan Pendidikan SMK di masa depan adalah SMK harus mampu mencetak peserta didik yang  memiliki kompetensi unggul. Peserta didik yang unggul harus terampil di bidangnya, mampu menjawab tantangan jaman, memiliki orientasi pada dunia kerja dan mampu menjadi wirausahawan yang handal sebagai bekal keterampilan tambahan. Lebih lanjut beliau menyampaikan dengan berubahnya cara pandang (mind set change) terutama di dalam pengelolaan dan management SMK di era Digital, diharap pemangku kepentingan di SMK mampu menyiapkan peserta didik unggul.

Beliau juga menyampaikan bahwasanya buka tutup sebuah program keahlian merupakan sesuatu yang wajar. Karena ada program keahlian yang jenuh dan ada yang banyak peminat sesuai dengan era saat ini dan ke depan. Namun sebelum melaksanakan buka tutup  program keahlian seharusnya dikomukasikan dengan dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi  Jawa Tengah terlebih dahulu. Begitulah yang disampaikan pada sesi tanya jawab. Di penghujung acara dilakukan penandatanganan prasasti smart class room oleh Direktur SMK disaksikan oleh pejabat dinas, pengawas dan ketua MKKS SMK Kabupaten Semarang. Kemudian dilanjutkan ramah tamah bersama peserta yang hadir.

 

Penulis : Humas SMK Muharuh

Editor   : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang