Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMKN 4 Semarang

Bertempat di Aula SMKN 4 Semarang jalan Pandanaran 2 No 17 Kota Semarang, Selasa,  18 Oktober 2022, pukul 08.00 sd 12.00 WIB. dalam acara Workshop Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila  dengan Nara Sumber Farida Fahmalatif,S.Pd,M.Pd seorang Fasilitastor Nasional GSM,Praktisi Pendidikan, Kepala Sekolah Terbaik dengan dihadiri 40 peserta yang berasal dari Guru SMKN 4 Semarang.

Dalam Paparannya beliau menjelaskan bahwa project penguatan profil pelajar Pancasila merupakan kegiatan kokurikuler berbasis project yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Tema penguatan profil pelajar Pancasila ada 2 projek yang wajib yaitu Kewirausahaan dan kebekerjaan sedangkan projek pilihan dengan tema Gaya hidup berkelanjutan, kearifan local, Bhinneka Tiunggal Ika, Bangunlah jiwa raganya, suara demokrasi, rekayasa dan teknologi. Dalam 1 tahun ajaran projek penguatan profil pelajar Pancasila khusus SMK ada 3 projek dengan 2 tema pilhan dan 1 tema kebekerjaan di kelas X, 2 project dengan 1 tema pilihan dan 1 tema kebekerjaan di kelas XI dan 1 projek dengan tema kebekerjaan dikelas XII SMK/MAK.

Implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila untuk SMK adalah dilaksanakan secara terpadu berkolaborasi dengan mitra dunia kerja atau dengan komunitas organisasi serta masyarakat.   Dengan Alokasi waktu Projek di SMK kelas X sebanyak 288 Jp, Kelas XI sebanyak 144 Jp, Kelas XII sebanyak 36 Jp.

Beliau juga menegaskan perlunya projek penguatan profil pelajar Pancasila sebagai salahsatu sarana pencapaian profil pelajar Pancasila memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.

Dengan berprinsip pembelajaran secara holistic,kontekstual, berpusat pada peserta didik serta eksploratif. Dengan kebermanfaatan mata pelajaran ini bagoi siswa antaralain mengemabngkan potensi dan memperkuat karakter profil pelajar Pancasila untuk menghadapi tantangan dunia yangs emakin kompleks, mengasah inisiatif dan partiosipasi untuk merencanakan pembelajaran secara aktif dan berkelanjutan, mengembangkan ketrampilan siswa, melatih pemecahan masalah dengan beragam situasi belajar, memperlihatkan tanggung jawab serta mengasah daya belajar dan kepemimpinan peserta didik dalam proses pembelajaran.

Baca Juga :
https://www.smk4smg.sch.id/      

https://www.pdkjateng.go.id/p/berita

Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubin SMKN 4 Semarang)
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom