Studi Tiru SMK Theresiana Semarang Ke SMK Negeri 9 Bandung, Jawa Barat

SMK Pusat Keunggulan adalah program pemerintah dimana SMK tersebut akan mendapatkan peningkatan dalam segi kualitas program keahlian yang dipilih. Dalam periode ini, keahlian yang terpilih mendapatkan program SMK Pusat Keunggulan skema lanjutan program keahlian Kuliner.

Benchmarking, Studi Tiru merupakan salah satu konsep belajar secara praktis untuk meningkatkan kualitas suatu organisasi atau  instansi. SMK Theresiana Semarang, SMK Pusat Keunggulan skema lanjutan meningkatkan kualitas dari  setiap aspek dalam penyelenggaraan pendidikan vokasi. Melihat secara langsung berdinamika bersama tentunya akan lebih efektif, tanggal 20 Oktober 2022 SMK Theresiana melakukan kegiatan Benchmarking ke SMK Negeri 9 Bandung yang memiliki kompetensi Bidang Keahlian Pariwisata, khususnya Kompetensi Keahlian Tata Boga/Kuliner serta menjadi rujukan dari berbagai sekolah vokasi di Indonesia. Benchmarking ini diikuti oleh Kepala Sekolah berserta jajaran serata guru dan instruktur program keahlian Kuliner. Semua peserta studi tiru menginap di NINE Inn by edOTEL d’best hospitality  hotel yang dikelola oleh SMK Negeri 9 Bandung.

Growth mindset sendiri meyakini bahwa kompetensi, skill, bahkan kecerdasan setiap manusia dapat ditingkatkan melalui proses pembelajaran. Dalam hal ini penguatan hard skill dan soft skill yang selaras atau link and match 8+1 dengan dunia industri dan pembelajaran yang berbasis project/riil dengan dunia kerja atau industri mutlak perlu dilakukan. Oleh karena itu, pendidik dan peserta didik diharapkan sama-sama mampu melihat perubahan-perubahan tersebut sebagai tantangan untuk bisa terus belajar dan beradaptasi bukan malah sebaliknya.

Menggali  informasi dan diskusi terjalin dengan penuh kekeluargaan, dengan melihat berharap bisa berATM (amati, tiru dan modifikasi). Penyusunan dan implementasi Kurikulum Merdeka Berbagi, Pengelolaan Teaching Factory, Penyelenggaraan Magang siswa, Implementasi P 5 dan berbagai bentuk PJBL yang dapat menunjang meningkatan kompetensi Guru Produktif dan Kompetensi Siswa.

Harapan dari Bencmarking ini adalah meningkatkan kualitas SMK Theresiana Semarang  dalam mewujudkan Visi Sekolah “Terwujudnya Pribadi Utuh dan Berdampak Positif bagi Masyarakat”

Penulis : Humas SMK Theresiana Semarang