PERSIAPAN OSN ASTRO, SMAN 2 UNGARAN MOA DENGAN DEPT. FISIKA UNDIP

Visi SMA Negeri 2 Ungaran adalah untuk mewujudkan warga sekolah yang bertaqwa, berbudaya, berprestasi, terampil dan berwawasan lingkungan. Visi tersebut diwujudkan dan dituangkan dalam program kurikulum antara lain membina kegiatan lomba-lomba bidang akademik, seperti OSN. Untuk mewujudkan budaya prestasi, khususnya prestasi akademik bidang Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kabupaten Semarang, SMAN 2 Ungaran menjalin kerja sama (MoA) pembinaan OSN bidang Astronomi dengan Departemen Fisika, Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro Semarang dalam bentuk Pengabdian Masyarakat.

Tim pengabdian masyarakat Departemen Fisika Undip Semarang terdiri dari Dr. Asep Yoyo Wardaya, M.Si. sebagai Ketua Tim, dengan beranggotakan Dr. Eng. Ali Khumaeni, M.Eng., Prof. Dr. Wahyu Setia Budi, M.S., dan Drs. K. Sofjan Firdausi, M.Sc. Kegiatan pembimbingan dilaksanakan pada bulan September sampai dengan Oktober 2022, dilakukan rutin setiap hari Jumat pukul 08.00 sampai dengan 11.00 WIB dan bertempat di laboratorium fisika SMAN 2 Ungaran.

Peserta Pembinaan OSN bidang Astronomi berjumlah 9 (sembilan) peserta didik, dari kelas X-1 atas nama Antonius Kristiawan, Birgitta Deta Herlina Putri, Mohamad Abrian Azharudin, dari kelas X-2 atas nama Christian Maval Putra Prasetyo, dari kelas X-4 atas nama Muhammad Alfreda Fausta Ozora, dari kelas XI-7 atas nama Karina Mahsa Aline dan Rafly Athallah Ridya, dari kelas XII IPA 1 atas nama Devian Satyamurti, sedangkan dari kelas XII IPA 6 atas nama Valerina Najwa Khayla. Perpaduan siswa-siswi tersebut dimaksudkan agar terjadi transfer experience dari senior ke junior. Peserta tersebut telah diobservasi menggunakan nilai dan kemampuan dasar oleh Bapak Ibu Guru, serta memiliki nilai rapor yang baik.

Meskipun bidang Astronomi cukup berbobot karena memerlukan keterampilan berpikir tingkat tinggi, memerlukan keterampilan Matematika yang memadai dan pemahaman Fisika yang baik, para peserta tetap antusias dan bersemangat mengikuti bimbingan. Terlihat para peserta hadir tepat waktu pada saat pembimbingan. Selain itu mereka juga responsif dalam menjawab pertanyaan atau tanggapan dari narasumber, Dr. Asep Yoyo Wardaya, M.Si. maupun narasumber yang lain. Para peserta bimbingan menerima bahan ajar dalam bentuk cetak, yang kemudian dijelaskan secara jelas dan mendalam disertai penerapan dalam contoh latihan soal.

Kegiatan pembimbingan OSN bidang Astronomi oleh Tim Pengabdian Masyarakat Departemen Fisika Universitas Diponegoro Tahun 2022 berakhir pada hari Jumat, 28 Oktober 2022. Pada kesempatan tersebut bimbingan tetap berlangsung terjadwal mulai pukul 08.00 sampai dengan 11.00 WIB yang diisi dengan pembahasan soal bidang Astronomi oleh Ketua Tim Dr. Asep Yoyo Wardaya, M.Si. Pada hari terakhir tersebut di sela-sela pembimbingan, Bapak Subroto, S.Pd., M.Pd., Kepala SMAN 2 Ungaran menyampaikan terima kasihnya kepada Departemen Fisika Undip diwakili Ketua Tim. Yang telah memberikan bimbingan bidang Astronomi kepada anak-anak, serta menyampaikan permohonan maaf jika ada yang tidak berkenan selama Tim Pengabdian melakukan kegiatan di sekolah. Semoga ilmu yang diberikan oleh Dr. Asep Yoyo Wardaya, M.Si. beserta tim dapat diserap peserta didik secara optimal dan mereka dapat meraih hasil terbaik. Bapak Subroto, S.Pd., M.Pd., berpesan kepada para peserta bimbingan agar selalu bersemangat dalam menggali dan mengembangkan potensi diri. Harus punya fighting spirit yang tinggi, tidak mudah menyerah jika menemui kesulitan, bersikap jujur berintegritas, dan memberikan prestasi terbaik.

 

Penulis           : Bagus, Guru SMAN 2 Ungaran

Editor             : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang