Orientasi Pengenalan Nilai & Etika Pegawai PPPK SMKN 10 Semarang

SMKN 10 Semarang – 14 Guru PPPK SMKN 10 Semarang telah melaksankan kegiatan orientasi yang diselenggarakan  oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah ( BPSDMD) Provinsi Jawa Tengah dalam rangka mengembangkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) yang profesional dan berakhlak secara E-learning.

Orientasi Pengenalan Nilai dan Etika Instansi Pemerintah bagi PPPK Tahap II Tahun 2022 dilaksanakan selama 8 hari kerja pada hari Senin s.d. Jumat dengan kegiatan sebagai berikut: Pembukaan dilaksanakan pada 27 Oktober 2022 (Live Streaming Youtube) dan 7-15 November 2022 adalah On The Job Training (OJT), Orientasi Tempat Tugas PPPK, pembelajaran secara daring menggunakan Zoom Meeting dan Learning Management System (LMS) SipTenan BPSDMD Provinsi Jawa Tengah.

Orientasi Pengenalan Nilai dan Etika pada Instansi Pemerintah bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahap II Tahun 2022 dimaksudkan untuk membekali peserta dengan pengetahuan, sikap, dan perilaku tentang nilai dan etika pada instansi pemerintah dalam mendukung pelaksanaan tugas jabatannya dan pencapaian visi misi organisasi. Tujuannya adalah setelah mengikuti orientasi peserta mampu memahami dan mengenal nilai dan etika pada instansi pemerintah.

“Rencana strategis Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) sangat penting untuk dipahami guru PPPK sebagai dasar untuk melakukan pengembangan diri guna merancang diri menjadi ASN yang berkualitas, berkontribusi, berakhlak serta peningkatan kualitas pelayanan, dan peningkatan keprofesionalan kerja. Selain memahami rencana strategis OPD, peserta OJT PPPK wajib mengetahui dan memahami struktur organisasi SMK Negeri 10 Semarang dengan tugas pokok dan fungsinya” Ujar Bapak Ardan Sirodjuddin.

Sebagai wujud penerapan tugas dan fungsi PPPK di SMK Negeri 10 Semarang, peserta On Job Training (OJT) membuat program kerja sesuai dengan latar belakang pendidikan masing-masing peserta PPPK. Sebagai akhir kegiatan Orientasi Pengenalan Nilai dan Etika Instansi Pemerintah peserta OJT wajib melakukan seminar dihadapan penguji untuk memaparkan hasil program yang telah dirancang. Semua kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mewujudkan ASN PPPK yang berakhlak dan berkualitas sesuai dengan Visi Pemerintah Jawa Tengah   “Menuju Jawa Tengah Sejahtera dan Berdikari” Tetep Mboten Korupsi, Mboten Ngapusi”

Penulis : Tim Humas SMKN 10 Semarang